tokoh dari negeri belanda yang menentang tanam paksa adalah

Sistim tanam paksa banyak memberikan keuntungan kepada pemerintah belanda. tapi, sangat merugikan rakyat indonesia karena banyak rakyat yang kekurangan makanan dan akibatnya banyak yang meninggal. akibatnya munculah gerakan yang simpati kepada bangsa indonesia dan menuntut sistim tanam paksa dihapuskan. tokoh dari nekibatnya munculah gerakan yang simpati kepada bangsa indonesia dan menuntut sistim tanam paksa dihapuskan. tokoh dari negeri belanda yang menentang tanam paksa adalah ….

a. dauwes dekker (multatuli)
b. jann peeter coen
c. danudirjo setiabudi
d. johanes van den bosch

Jawaban

Jawaban yang benar adalah a. Douwes Dekker (Multatuli)

Soal menanyakan siapakah tokoh dari negeri Belanda yang menentang tanam paksa.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Pelaksanaan sistem tanam paksa dipimpin oleh Johannes van Den Bosch yang menjadi Gubernur Jenderal pada tahun 1830-1833. Latar belakang van den Bosch mengeluarkan kebijakan tanam paksa adalah pemerintah Belanda yang membutuhkan uang untuk membayar hutang agar terhindar dari kebangkrutan.

Selain itu, kebijakan tanam paksa dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan besar untuk menutup pengeluaran dan defisit anggaran akibat Perang Diponegoro dan Pemberontakan Belgia.

Sistem Tanam Paksa atau disebut dengan Cultuurstelsel merupakan sistem budi daya yang memaksa masyarakat Indonesia untuk menanam tanaman ekspor dan menjualnya kepada Belanda. Sistem menimbulkan penderitaan bagi rakyat sehingga timbullah kritikan serta protes keras dari beberapa tokoh humanis seperti Eduard Douwes Dekker.

Kritiknya terhadap sistem tanam paksa terlebih setelah terjadinya bencana kelaparan di Jawa. Ia menuliskannya dalam sebuah buku yang berjudul Max Havelaar (1860) yang berisikan tentang masyarakat petani yang menderita akibat kebijakan sewenang-sewenang Belanda. Hingga akhirnya pada tahun 1870 sistem tanam paksa dihapuskan.

Dengan demikian tokoh Belanda yang menentang adanya sistem tanam paksa ialah Eduard Douwes Dekker atau Multatuli.

Jadi jawaban yang benar adalah a. Douwes Dekker (Multatuli)

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :