Mengapa kerajaan singasari bisa runtuh

Mengapa kerajaan singasari bisa runtuh ?

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘keruntuhan Singasari disebabkan oleh serangan dari bala tentara Jayakatwang (keturunan Kertajaya, raja Kediri).’

Soal menanyakan penyebab runtuhnya kerajaan Singasari.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Kerajaan Singasari runtuh setelah adanya serangan dari bala tentara Jayakatwang (keturunan Kertajaya, raja Kediri). Kertanegara tewas dalam serangan tersebut. Menantunya, Raden Wijaya, berhasil melarikan diri ke Madura dan meminta perlindungan Aria Wiraraja, bupati Madura.

Raden Wijaya pun menyatakan menyerah dan memohon ampun serta ingin mengabdi kepada Jayakatwang. Atas sikap Raden Wijaya, Jayakatwang memberikan sebidang tanah kepadanya di Desa Tarik, yang menjadi cikal bakal Kerajaan Majapahit. Selanjutnya, Singasari berada di bawah kekuasaan Jayakatwang dengan pusat kekuasaan di Kediri.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keruntuhan Singasari disebabkan oleh serangan dari bala tentara Jayakatwang (keturunan Kertajaya, raja Kediri).

Jadi jawaban yang benar adalah ‘keruntuhan Singasari disebabkan oleh serangan dari bala tentara Jayakatwang (keturunan Kertajaya, raja Kediri).’

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :