Kolenkim dan sklerenkim merupakan jenis jaringan

Kolenkim dan sklerenkim merupakan jenis jaringan ….

Jawaban

Jawabannya yaitu jaringan penyokong.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Kolenkim dan sklerenkim adalah jaringan yang termasuk ke dalam jaringan penyokong. Keduanya berfungsi menyokong tubuh tumbuhan dan memberikannya stabilitas. Kolenkim ialah jaringan yang berfungsi sebagai jaringan pelindung atau penopang pada sel tumbuhan yang masih aktif membentuk perkembangan dan pemekaran.

Satu sel pada jaringan kolenkim ini memiliki kloroplas sehingga dapat melakukan proses fotosintesis. Selain itu selnya tidak mengandung lignin serta dinding selnya terlihat jernih. Biasanya, kolenkim sering ditemukan pada batang, daun, serta bagian-bagian yang terdapat dalam bunga dan buah.

Sklerenkim adalah jaringan penyokong yang ditemui pada organ tumbuhan tidak lagi mengalami pertumbuhan dan perkembangan atau yang telah dewasa. Ciri-cirinya yaitu sel lebih kaku, sel telah mati dengan dinding sel yang tebal, dinding sekunder yang tebal, dan terdiri dari zat lignin, serta memiliki sifat kenyal, dan biasanya tidak lagi mengandung kloroplas. Jaringan ini dapat di temui pada organ dari tumbuhan yang tidak mengadakan pertumbuhan dan juga perkembangan saja.

Jadi, kolenkim dan sklerenkim merupakan jenis jaringan penyokong.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :