Mengapa pemuliaan tanaman melalui rekayasa genetika penting dilakukan baik untuk kepentingan masa kini dan massa mendatang dalam bidang pertanian

Mengapa pemuliaan tanaman melalui rekayasa genetika penting dilakukan baik untuk kepentingan masa kini dan massa mendatang dalam bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi?

Jawaban

Pemuliaan tanaman melalui rekayasa genetika penting dilakukan baik untuk kepentingan masa kini dan massa mendatang dalam bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi karena organisme yang dihasilkan bersifat unggul yang dapat menghasilkan dampak positif pada bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan dan ekonomi.

Rekayasa genetika merupakan suatu usaha memanipulasi sifat makhluk hidup untuk menghasilkan makhluk hidup yang sifatnya baru dan sesuai dengan yang diinginkan. Rekayasa genetika berhubungan dengan penurunan sifat (hereditas) sehingga dengan adanya rekayasa genetika akan menghasilkan makhluk hidup yang unggul.

Contohnya adalah pemuliaan tanaman. Pemuliaan tanaman merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana memperoleh atau menghasilkan suatu tanaman menjadi lebih baik dan menguntungkan. Pemuliaan tanaman diperlukan untuk kepentingan masa kini dan masa mendatang baik dalam bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan dan ekonomi.

Hal ini dikarenakan pemuliaan tanaman akan dihasilkan tanaman yang unggul yang dapat menghasilkan dampak positif pada bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan dan ekonomi. Contohnya dapat menghasilkan buah pepaya yang berukuran besar dan berbiji sedikit.

Hal tersebut tentu bermanfaat dalam bidang pertanian, kemudian hasil panen buah papaya dapat dijual sehingga menguntungkan dari sisi industri dan ekonomi. Buah pepaya juga kaya vitamin sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Jadi, pemuliaan tanaman melalui rekayasa genetika penting dilakukan baik untuk kepentingan masa kini dan massa mendatang dalam bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi karena organisme yang dihasilkan bersifat unggul yang dapat menghasilkan dampak positif pada bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan dan ekonomi.

Tranding :  Apakah Kebijakan Ekonomi Terpimpin Dapat Memperkuat Industri dalam Negeri?

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :