Suatu hubungan interaksi antara dua jenis individu yang memberikan keuntungan pada salah satu pihak dan kerugian pihak lain disebut simbiosis?

Salah satu bentuk interaksi makhluk hidup adalah simbiosis. Suatu hubungan interaksi antara dua jenis individu yang memberikan keuntungan pada salah satu pihak dan kerugian pihak lain disebut simbiosis….

A. parasitisme
B. komensalisme
C. mutualisme
D. preatorisme

Jawaban

Jawabannya adalah A. Parasitisme.

Interaksi antar makhluk hidup yang terjadi pada sebuah ekosistem, berguna untuk menjaga kestabilan ekosistem tersebut. Jika interaksi antar makhluk tidak berjalan dengan baik dan seimbang, akan ada sebuah ketimpangan yang terjadi pada suatu ekosistem, dan itu tidak baik untuk ekosistemnya, atau untuk makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Bentuk interaksi makhluk hidup diantaranya adalah simbiosis dan predasi. Simbiosis merupakan salah satu bentuk interaksi makhluk hidup yang hidup berdampingan pada suatu lingkungan. Bentuk simbiosis terdiri dari 3 macam yaitu:

  1. Simbiosis mutualisme adalah simbosis dimana kedua makhluk hidup saling menguntungkan. Contoh simbiosis mutualisme adalah bunga dan kupu-kupu.
  2. Simbiosis komensalisme adalah simbiosis dimana salah satu makhluk hidup mendapat keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lain tidak untung dan tidak rugi. Contoh simbiosis komensalisme adalah tanaman anggrek dengan inangnya
  3. Simbiosis parasitisme adalah simbosis dimana salah satu makhluk hidup mendapat keuntungan sedangkan makhluk hidup lain mendapat kerugian. Contoh simbiosis parasitisme adalah cacing tambang yang hidup di usus manusia.

Selain itu, predasi adalah bentuk interaksi antara predator dan mangsanya pada suatu ekosistem. Contoh predasi adalah singa dengan kijang.

Jadi, jawabannya adalah A. Parasitisme.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :