Pak Joko menanam satu tanaman kelengkeng tetapi tanaman tersebut tidak berbuah meskipun usianya dewasa. Kejadian ini disebabkan tanaman kelengkeng

Pak Joko menanam satu tanaman kelengkeng tetapi tanaman tersebut tidak berbuah meskipun usianya dewasa. Kejadian ini disebabkan tanaman kelengkeng ….

A. melakukan penyerbukan sendiri
B. melakukan penyerbukan tetangga
C. merupakan tanaman dioecus
D. merupakan tanaman monoecus

Jawaban

Jawabannya adalah C.

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang dapat melakukan perkembangbiakan secara generatif maupun vegetatif. Berdasarkan letak gamet, tumbuhan dibedakan menjadi 2 yaitu tumbuhan monoceus dan dioceus.

Tumbuhan monoceus (tumbuhan berumah satu) adalah tumbuhan yang memiliki bunga jantan dan bunga betina dalam satu pohon, sedangkan tumbuhan dioceus (tumbuhan berumah dua) adalah tumbuhan yang hanya memiliki bunga jantan atau betina saja dalam satu pohon. Pada tanaman dioceus penyerbukan tidak dapat terjadi secara alami karena bunga jantan dan betina terpisah.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat diketahui bahwa penyebab tanaman kelengkeng Pak Joko tidak berbuah adalah karena tanaman kelengkeng berumah dua (dioceus).

Jadi, Jawabannya adalah C.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :