Perang padri fase kedua pada tahun 1925 sampai 1930 belanda harus mengurangi serangan ofensifnya pada pasukan padri, hal tersebut dikarenakan ada pengaruh dari

Perang padri fase kedua pada tahun 1925 sampai 1930 belanda harus mengurangi serangan ofensifnya pada pasukan padri, hal tersebut dikarenakan ada pengaruh dari ….

Jawaban

Perang padri fase kedua pada tahun 1925 sampai 1930 belanda harus mengurangi serangan ofensifnya pada pasukan padri karena pengaruh dari Perang Diponegoro yang berlangsung di Jawa.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Perang Padri berlangsung dalam tiga fase, yaitu fase pertama berlangsung pada 1821—1825, fase kedua berlangsung pada 1825—1830, dan fase ketiga berlangsung pada 1830—1838. Pada saat berlangsungnya pertempuran di fase kedua, Belanda berusaha berdamai dengan kaum Padri dengan diadakan Perjanjian Padang.

Tindakan tersebut dilakukan Belanda karena Belanda juga harus menghadapi perlawanan yang cukup kuat dari Pangeran Diponegoro di Pulau Jawa. Oleh karena itu, untuk memfokuskan kekuatan militer, Belanda memilih berdamai terlebih dahulu dengan kaum Padri di Sumatra Barat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pengaruh dari Perang Diponegoro yang berlangsung di Jawa.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  kesamaan kebijakan portugis dan belanda dalam bidang ekonomi di nusantara adalah

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :