Sebutkan tiga pencemaran air

Sebutkan tiga pencemaran air?

Jawaban

Pencemaran air terdiri dari : pencemaran mikroorganisme, pencemaran bahan kimia anorganik, pencemaran bahan kimia organik.

Simak penjelasan di bawah.
Pencemaran air adalah suatu proses terkontaminasinya air dengan bahan- bahan kimia maupun non kimia yang memiliki banyak kandungan yang tidak baik atau yang biasa disebut dengan zat polutan. Jenis – jenis pencemaran air yaitu :

1. Pencemaran Mikroorganisme
Pencemaran mikroorganisme adalah salah satu pencemaran yang bisa terjadi diakibatkan oleh mikroorganisme yang berkembang dengan cepat di dalam air. Ada banyak sekali mikroorganisme yang berada di dalam air, seperti fitoplankton, zooplankton, dan lain sebagainya. Dalam jumlah terbatas, mikroorganisme tersebut berfungsi untuk menjernihkan air. Apabila jumlahnya berlebihan, mikroorganisme akan mencemari air dan membuat air menjadi terlihat keruh.

2. Pencemaran Anorganik Nutrisi Tanaman
Penggunaan pupuk nitrogen dan fosfat pada tanaman memang terbukti ampuh untuk mencegah hama dan membuat tanaman menjadi tumbuh subur. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan kedua jenis pupuk tersebut bisa memiliki dampak yang negatif bagi lingkungan. Pupuk yang larut ke dalam air akan sangat berbahaya bagi kemurnian air dan akan membuat air menjadi terkontaminasi oleh berbagai zat kimia berbahaya yang berasal dari pupuk tanaman. Supaya tidak mencemari air dan lingkungan, Anda bisa mengganti pupuk tersebut dan menggunakan pupuk organik untuk tanaman di rumah Anda.

3. Pencemaran Bahan Kimia Anorganik
Pencemaran bahan kimia anorganik terjadi diakibatkan oleh berbagai jenis bahan kimia yang digunakan oleh manusia. Bahan kimia anorganik yang bisa mengakibatkan pencemaran antara lain, seperti timbal, cadmium, dan merkuri yang terdapat pada baterai dan peralatan logam lainnya. Pencemaran air ini akan mengakibatkan rusaknya produksi berbagai jenis tanaman pangan.

Tranding :  Salah satu faktor yang mendorong berkembangnya islam di Indonesia adalah

4. Pencemaran Bahan Kimia Organik
Jenis pencemaran air yang terakhir adalah pencemaran bahan kimia organik. Bahan kimia organik yang dimaksud adalah, seperti pestisida, deterjen pembersih, minyak, dan plastik. Sampah plastik sangat berbahaya karena tidak dapat hancur di dalam air. Tidak hanya itu saja, banyak sekali hewan laut yang mengonsumsi plastik karena menganggapnya sebagai makanan.

 

Pertanyaan Lain :