faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan muka bumi

faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan muka bumi

Jawaban

1.faktor klimatik

Faktor klimatik merupakan faktor yang dipengaruhi oleh iklim sepertu curah huja, paparan sinar matahari, angin, kelembapan dan suhu.

– Sinar matahari

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup seperti tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi makanannya dan memproduksi oksigen dan hewan untuk nutrisi agar dapat tumbuh dan berkembang.

– Suhu

Semua makhluk hidup dapat hidup dan berkembang pada tingkat kondisi suhu tentu. Jika pada daerah yang memliki suhu rendah maupun suhu terlalau tinggi hanya dapat dihuni oleh beberapa makhuk hidup saja sedangkan pada suhu lebih hangat seperti pada daerah tropis dan sub tropis merukan suhu yang idel bagi makuluk hidup untuk hidup dan berkembang.

– Kelembapan udara

Kelembapan udara merupakan kondisi demna udara memliki banyak kandungan air sehingga dapat mempengaruhi kehidupan dan perkembangan tumbuh-tumbuhan.

– Angin

Angin dapat mempengaruhi terhadap keberlangsuangan hidup tumbuhan seperti membantu penyerbukan dan persebaran benih

2.faktor edafik

Faktor edafik merupakan faktor tanah yang mempengaruhi daerah persebaran makhluk hidup seperti pada tekstur tanah, kontur tanah dan tingkat kandungan hara pada tanah. Jika suatu daerah memiliki yang cendrung berpasir dan terdari bebatuan keras maka menyulitkan tumbuhan untuk hidup sedangkan jika tanah memiliki tekstur yang stabil tidak terlalu berpasir, dan cendrung gembur maka sangat sesuai bagi pertumbuhan tumbuhan. Kandungan hara pada tanah juga mempengaruhi bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan seperti tanah yang memiliki hara yang baik jika memiliki mineral garam yang baik, air tanah, kandungan udara tanah dan bahan organik yang baik bagi kesuburan tumbuhan.

Tranding :  Waktu merupakan unsur penting dalam sejarah. Waktu juga menjadi unsur dan konsep penting dalam sejarah karena

3.faktor fisiografi

Faktor fisiografi merupakan faktor yang di pengaruhi oleh ketinggian daerah dan bentuk lahan yang didiami oleh makhluk hidup. Jika suatu daerah berada pada ketinggian maka suhu, kelembapan udara dan kandungan oksigen semakin berkurang sehingga sedikit pula makhluk hidup yang dapat mendiami daerah tesebut. Sedangan bentuk tanah mempengaruhi pola penyinaran matahari dan penyiraman hujan.

4.faktor biotik

Faktor biotik seperti aktivitas manusia mempengaruhi persebaran kehidupan makhluk hidup di permukaan bumi. Dengan aktivitas manusia seperti perburuan, penebangan pohon dan kerusakan lingkungan menyebabkan terancamnya keberlangsungan kehidupan makhluk hidup lainya.

 

Pertanyaan Lain :