pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa pancasila menjadi

pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa pancasila menjadi

Jawaban

Jawabannya adalah dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan.

Yuk simak pembahasannya!

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yakni panca dan sila. Panca berarti lima dan sila berarti dasar. Istilah Pancasila sudah dikenal sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Sila-sila yang terdapat dalam Pancasila sudah diterapkan oleh kedua kerajaan tersebut maupun masyarakatnya.

Pancasila sebagai dasar negara berarti Pancasila dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Pancasila sebagai dasar negara digunakan untuk mengatur semua tatanan kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Artinya, segala yang berkaitan dengan penyelenggaraan ketatanegaraan RI harus berlandaskan pada Pancasila. Selain itu, artinya juga seluruh peraturan yang berlaku di Indonesia harus berlandaskan Pancasila.

Pertanyaan Serupa :

Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa banyak mengalami berbagai permasalahan, yaitu upaya –upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara.Untuk itu coba kalian Sebutkan 4 perbedaan Demokrasi Pancasila pada masa Reformasi dengan Demokrasi Pancasila pada masa Orde Baru!

Jawaban

Jawabannya adalah terletak pada kebebasan pers, pemilu yang lebih demokratis, kemerdekaan membentuk partai politik dan desentralisasi kekuasaan ke daerah.
Yuk simak pembahasan berikut:

Era pemerintahan pada masa Soeharto dikenal sebagai Orde Baru dengan konsep Demokrasi Pancasila berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998. Visi utama pemerintahan Orde Baru ini adalah untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Namun pada kenyataannya, visi tersebut tidak berjalan sesuai karena terjadi penyimpangan-penyimpangan terhadap prinsip demokrasi, seperti :

  1. berkurangnya kontrol sipil terhadap militer
  2. sistem peradilan yang kurang independen
  3. pelaksanaan pemilu yang tidak demokratis
  4. kekuasaan eksekutif yang lebih luas jika dibandingkan dengan kekuasaan legislatif dan yudikatif
  5. peran media massa yang terbatas
  6. tekanan terhadap kelompok kepentingan
  7. perlindungan yang minim terhadap kelompok minoritas
Tranding :  Pengambil alihan atau nasionalisasi perusahan milik Belanda, merupakan salah satu perjuangan bangsa Indonesia dalam bentuk

Sedangkan Demokrasi Pancasila dimulai pada tahun 1998 sampai dengan sekarang. Demokrasi pada masa ini mulai ditandai dengan banyaknya pembaharuan, diantaranya:

  1. kemerdekaan pers
  2. kemerdekaan membentuk partai politik
  3. terselenggaranya pemilu yang demokratis
  4. adanya otonomi daerah/ desentralisasi kekuasaan ke daerah

Jadi, perbedaan Demokrasi Pancasila pada masa Reformasi dengan Demokrasi Pancasila pada masa Orde Baru yaitu adanya kebebasan pers, kemerdekaan membentuk parpol, pemilu yang demokratis dan desentralisasi kekuasaan ke daerah.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :