Sebutkan faktor yang menyebabkan bangsa indonesia sebelum 1908 mengalami kegagalan

Sebutkan faktor yang menyebabkan bangsa indonesia sebelum 1908 mengalami kegagalan

Jawaban

Jawabannya adalah perjuangan bersifat lokal, kalah persenjataan, bergantung kepada pemimpin, dan efektifnya politik adu domba.

Yuk simak penjelasan berikut:

Pada awalnya, kedatangan bangsa Eropa hanya untuk berdagang rempah-rempah, tetapi lambat laun bangsa asing semakin serakah. Mereka menerapkan kolonialisme dan imperialisme untuk mendapatkan kekayaan alam di nusantara. Karena sikap Belanda dan bangsa Eropa semakin semena-mena sehingga membuat bangsa Indonesia melakukan perlawanan.

Sebelum tahun 1908, perlawanan bangsa Indonesia selalu gagal dan dapat diberantas oleh penjajah. Faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut diantaranya:

Perjuangan bersifat lokal atau kedaerahan

Pada waktu itu perjuangan rakyat masih berlandaskan untuk membebaskan daerah masing-masing. Karena tidak berjuang serentak dan menyeluruh, maka dengan mudah Belanda dapat menumpas perlawanan tersebut.

Kalah persenjataan

Penjajah memiliki persenjataan dan strategi perang yang lebih canggih. Sedangkan rakyat Indonesia masih menggunakan senjata tradisional seperti bambu runcing, parang, yang akan lebih mudah dikalahkan dengan senjata yang lebih modern.

Bergantung kepada pemimpin

Perjuangan sebelum 1908 sangat mengandalkan tokoh-tokoh karismatik seperti bangsawan atau tokoh agama. Oleh karenanya, apabila tokoh atau pemimpin perjuangan sudah tidak berdaya maka perlawanan akan mengalami kemunduran.

Politik adu domba yang efektif

Politik adu domba atau devide et impera adalah salah satu strategi penjajah (Belanda) untuk menguasai Indonesia. Politik ini ternyata sangat efektif untuk memecah belah rakyat dan penguasa agar tidak bersatu.

Namun, sejak tahun 1908 yang dikenal sebagai masa pergerakan nasional, bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan dengan menggunakan organisasi yang bersifat modern, lebih terarah atau terorganisasi, bersifat nasional, dan dipelopori oleh kaum terpelajar.

Tranding :  Apa saja yang menyebabkan Kabinet Wilopo menyerahkan mandatnya?

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :