Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila Sebagai Sistem Filsafat adalah

Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila Sebagai Sistem Filsafat adalah..

Jawaban

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah agar masyarakat dapat menjadikan Pancasila sebagai pedoman atau dasar dalam menghadapi tantangan globalisasi yang dapat melunturkan semangat kebangsaan.

Berikut ini penjelasannya.

Pancasila sebagai sistem filsafat adalah suatu kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, saling bekerjasama antara sila yang satu dengan sila yang lain untuk tujuan tertentu dan secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang utuh yang mempunyai beberapa inti sila, nilai dan landasan yang mendasar.

Pancasila diperlukan sebagai sistem filsafat supaya masyarakat dapat menjadikan Pancasila sebagai pedoman atau dasar dalam menghadapi tantangan globalisasi yang dapat melunturkan semangat kebangsaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah agar masyarakat dapat menjadikan Pancasila sebagai pedoman atau dasar dalam menghadapi tantangan globalisasi yang dapat melunturkan semangat kebangsaan.

Pertanyaan Serupa :

Seseorang dikatakan mempunyai kesadaran terhadap aturan atau hukum apabila… *

A. Mengikuti seluruh penyelanggaraan sosialisasi
B. Menghafal semua peraturan perundang-undangan yang berlaku
C. Memiliki semua produk peraturan hukum yang berlaku
D. Memiliki sikap positif terhadap peraturan hukum

Jawaban

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah D. Memiliki sikap positif terhadap peraturan hukum.

Berikut ini penjelasannya.

Kesadaran hukum dapat diartikan sebagai kesadaran seseorang atau suatu kelompok masyarakat kepada aturan-aturan atau hukum yang berlaku. Kesadaran hukum sangat diperlukan oleh suatu masyarakat.

Hal ini bertujuan agar ketertiban, kedamaian, ketenteraman, dan keadilan dapat diwujudkan dalam pergaulan antar sesama. Seseorang dikatakan mempunyai kesadaran terhadap hukum apabila selalu berpikiran dan bersikap positif dalam menuruti hukum negara dan peraturannya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. Memiliki sikap positif terhadap peraturan hukum.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :