UUD NRI Tahun 1945 telah mengalami empat tahapan amandemen. Adanya amandemen membuktikan pentingnya peraturan perundang-undangan sebagai landasan

UUD NRI Tahun 1945 telah mengalami empat tahapan amandemen. Adanya amandemen membuktikan pentingnya peraturan perundang-undangan sebagai landasan…..

a. Yuridis
b. Historis
c. Filosofis
d. Sosiologis

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan ini adalah A. Yuridis

Amandemen merupakan perubahan dokumen resmi atau catatan tertentu secara resmi, tanpa melakukan perubahan UUD. Dengan demikian, amandemen dapat pula dikatakan memperbaiki dan melengkapi beberapa rincian UUD yang asli.

Amandemen UUD NKRI Tahun 1945 berlangsung pada Sidang Umum MPR pada 1999, 2000, 2001, 2002

Salah satu asas pembentukan peraturan perundang-undangan adalah dapat dilaksanakan. Sehingga, terdapat 3 landasan, yaitu : filosofis, sosiologis, dan yuridis.

  1. Landasan filosofis, yaitu pertimbangan atau alasan yang menggambarkan bahwa peraturan yang nantinya dibentuk senantiasa mempertimbangkan pandangan hidup, kesadaran, dan cita-cita hukum yang meliputi suasana kebatinan serta falsafah bangsa Indonesia yang mana bersumber dari Pancasila dan Pembukaan UUD 1945
  2. Landasan sosiologis, yaitu pertimbangan atau alasan yang menggambarkan bahwa peraturan dibentuk guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbagai hal/aspek.
  3. Landasan yuridis, yaitu pertimbangan atau alasan yang menggambarkan bahwa peraturan dibentuk guna mengatasi permasalahan hukum atau mengisi kekosongan hukum dengan tetap mempertimbangkan aturan yang sudah ada, yang akan diubah, atau yang akan dicabut untuk menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat.

Landasan yuridis ini menyangkut persoalan hukum yang berkaitan dengan substansi atau materi yang diatur sehingga perlu untuk dibentuk Peraturan Perundang-Undangan yang baru.

Oleh karena itu, jawabannya adalah A. Yuridis

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :