jelaskan pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan!

jelaskan pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan!

Jawaban

Pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan, yaitu:

1. Di dirikannya sekolah-sekolah
2. Mengajarkan ajaran agama Katolik pada warga pribumi
3. Munculnya golongan cendekiwan

Belanda diketahui sudah menjajah Indonesia sejak awal abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20. Penjajahan bangsa Belanda yang berlangsung selama tiga abad tentu telah memberikan dampak besar bagi Indonesia tidak hanya negatif melainkan juga dampak positif, salah satunya di bidang ilmu pengetahuan. Dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan adalah didirikannya sekolah-sekolah seperti STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) dan HBS (Hoogeree Burgelijk School).

Eropa pertama kalinya mendirikan sekolah untuk mengajarkan ajaran agama Katolik bagi para pribumi dari daerah Timur seperti Maluku. Kemudian setelah kebijakan Politik Etis diterapkan, pendidikan semakin dianggap penting karena berguna untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sektor-sektor swasta dan pemerintahan. Hal ini lantas juga memberikan dampak yang sangat baik bagi rakyat Indonesia.

Mereka mulai mengenyam sistem pendidikan Barat, mendapat ilmu pengetahuan baru, mampu membaca, menulis, dan menghitung. Selain itu, dampak positif kolonialisme di bidang pendidikan adalah munculnya golongan elite cendikiawan di Indonesia.

Dengan demikian pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan adalah di dirikannya sekolah, mengajarkan ajaran agama, dan munculnya golongan cendekiawan di Indonesia.

Pertanyaan Serupa :

Pembrontakan DI/TII/NII terjadi berbagai daerah antara lain Jawa Barat, jawa Tengah, Aceh, Kalimantan selatan dan sulawasi Selatan. Pemrontakan ini pertama terjadi di daerah Jawa Barat yang dipimpin oleh…

Jawaban

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas yaitu SM. Kartosuwiryo

Tranding :  Merkantilisme itu apa

Gerakan Darul Islam (DI) merupakan gerakan politik yang bertujuan mendirikan Negara Islam Indonesia, gerakan ini mempunyai pasukan yang disebut Tentara Islam Indonesia (TII) sehingga disebut dengan DI/TII. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat merupakan pelopor gerakan DI/TII yang dipimpin oleh SM.

Kartosuwiryo. Pemberontakan ini berawal dari kekecewaan rakyat terhadap pemerintahan dan bertujuan untuk mendirikan negara Islam. Sejarah pemberontakan DI/TII dimulai dari Jawa Barat yang kemudian menyebar ke beberapa wilayah Tanah Air seperti Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Kalimantan dan Aceh.

Dengan demikian jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas adalah SM. Kartosuwiryo

 

Pertanyaan Lain :