berikut ini merupakan bukti bahwa kehidupan manusia praaksara bergantung dari alam adalah

masyarakat pada masa praaksara mendapatkan makanan dari alam sekitar tempat tinggal mereka. apabila mereka berada di gunung, mereka berburu hewan di hutan sebagai bahan makanan mereka. apabila mereka tinggal di tepi sungai perairan, mereka memanfaatkan ikan dan hewan laut sebagai bahan makanan. berikut ini merupakan bukti bahwa kehidupan manusia praaksara bergantung dari alam adalah….

a. penemuan kubur batu yang berfungsi sebagai makan di wilayah kali
b. penemuan kjokkenmoddinger di sepanjang pantai timur sumatera
c. lukisan uap telapak tangan di dinding goa elang-elang sulawesi
d. wilayah pacitan sebagai sumber ditemukannya peralatan batu

Jawaban

Jawabannya adalah B. penemuan kjokkenmoddinger di sepanjang pantai timur Sumatera.

Simak penjelasan di bawah ini.

Masa praaksara adalah zaman manusia belum mengenal tulisan. Indonesia memasuki zaman sejarah kira-kira awal abad ke-5. Catatan angka tahun tertua diketahui dari batu-batu bertulis yang ada di aliran Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Pada masa itu, manusia purba belum mengenal cara bercocok tanam. Mereka sangat bergantung pada alam yang tersedia.

Di Indonesia sendiri kjokkenmodinger digunakan untuk menyebut timbunan sampah kerang yang banyak ditemukan di pesisir Sumatera bagian utara.

Hal ini merupakan bukti bahwa masyarakat praaksara pernah tinggal di tepi sungai perairan. Mereka memanfaatkan ikan dan hewan laut sebagai bahan makanan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah B. penemuan kjokkenmoddinger di sepanjang pantai timur sumatera

Pertanyaan Serupa :

perhatikan pernyataan berikut !

1. kerajaan sriwijaya
2. kerajaan singasari
3. kerajaan majapahit
4. kerajaan samudra pasai
5. kerajaan demak

yang termasuk kerajaan bercorak islam di indonesia adalah…

Jawaban

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas yaitu Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Demak

Awal mula masuknya Islam di Indonesia bermula dari maraknya perdagangan di Nusantara. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia dilintasi oleh berbagai pedagang dari penjuru negeri pada masa perdagangan kala itu terutama pedagang dari Arab, India, Persia dan China. Pedagang dari Timur Tengah seperti dari Arab dan Persia adalah pedagang yang aktif menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Tranding :  Tulislah nama nama tokoh penjelajah yang berasal dari Inggris dan jelaskan

Pada masa penyebaran agama Islam di Nusantara inilah mulai muncul beberapa kerajaan bercorak Islam di Nusantara yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia yaitu salah satunya adalah kerajaan Samudera Pasai dan kerajaan Demak. Berikut penjelasannya:

– Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh. Kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan Samuderan pasai didirikan oleh Meurah Silu pada 1267 M. Bukti sejarah dari kerajaan ini terlihat pada tulisan atau inskripsi di nisan makan Sultan Malik As-Saleh, berita dari Marcopolo dan Ibnu Batutah, serta kronika raja Pasai. Kerajaan ini dibangun oleh Marah Silu yang berhasil menyatukan Samudra dan Pasai.

– Kerajaan Demak

Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di tanah Jawa, lepatnya di daerah bernama Bintoro yaitu daerah bawahan Majapahit. Pendiri Kerajaan Demak adalah Raden Patah. Raden Patah adalah putra Raja Majapahit dan istrinya yang berasal dari China dan menjadi mualaf. Kerajaan Demak menjadi pusat penyebaran agama Islam di bawah kepemimpinan Raden Patah dengan adanya peran Wali Songo. Periode kepemimpinan Raden Patah adalah fase awal semakin berkembangnya ajaran Islam di Jawa.

Dengan demikian yang termasuk kerajaan bercorak Islam di Indonesia adalah Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Demak

 

Pertanyaan Lain :