perluasan pengaruh politik oleh bangsa eropa berupa tindakan

perluasan pengaruh politik oleh bangsa eropa berupa tindakan….

Jawaban

Ikut campur dalam urusan politik di kerajaan lokal

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Bangsa Eropa berusaha mewujudkan semboyan 3G yakni mencari kekayaan, kekusaan, dan menyebarkan agama nasrani di wilayah-wilayah baru di dunia. Salah satunya adalah Belanda di wilayah Nusantara, untuk mewujudkan ambisi kekuasaannya mereka mulai memperluas pengaruh politiknya. Belanda misalnya, agar mempermudah penguasaan atas monopoli perdagangan dan perpolitikan kerajaan lokal berada dalam kontrol Belanda.

Bangsa ini mulai melancarkan politik Devide et Impera untuk memecah kekuatan dalam kerajaan lokal tersebut, mulai dari mencampuri urusan internal kerajaan dan mengadu domba mereka. Cara ini memang terbukti berhasil karena pada akhirnya Belanda mampu mengontol kerajaan tersebut sesuai dengan kebutuhan Belanda

Dengan demikian, Ikut campur dalam urusan politik di kerajaan lokal sehingga Bangsa Eropa dapat dengan mudah mengontrol kekuasaan dan perpolitikan di wilayah jajahannya.

Pertanyaan Serupa :

Masa Pemerintah Orde baru dimulai tahun 1966 hingga 1998, diawali dengan dikeluarkannya Supersemar dan berakhir dengan adanya gerakan yang menghendaki adanya perubahan yang disebabkan hal berikut ini:

a. Terjadinya KKN dan adanya dampak negatif kebijakan pemerintah
b. Pelaksanaan program pembangunan jangka pendek(Pelita)
c. Adanya pelaksanaan program Eka Prasetya Pancakarsa
d. Terjadinya kemiskinan di berbagai wilayah

Jawaban

Jawaban: A

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Akhir dari masa Orde Baru ditandai dengan adanya krisis multidimensional yakni krisis yang terjadi disegala bidang kehidupan masyarkat. Krisis di Indonesia diawali dengan krisis moneter lalu merambat kepada ekonomi yang anjlok bagi Indonesia. Rakyat juga sudah mulai bosan dengan berbagai aturan pengekangan pemerintah yang membatasi ruang gerak.

Praktik KKN di kalangan pejabat pemerintahan membuat rakyat sudah tidak percaya dengan rwzim Orde Baru. Hal-hal tersebut membuat rakyat memutuskan untuk bergerak dan menutut adanya reformasi atau perubahan menuju Indonesia yang baru. Gerakan ini didorong oleh para mahasiswa dan tokoh cendekiawan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi A. Terjadinya KKN dan adanya dampak negatif kebijakan pemerintah

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :