mengapa kedatangan belanda di saparua di sambut dng semangat perlawanan oleh rakyat maluku dibawah pimpinan pattimura?

mengapa kedatangan belanda di saparua di sambut dng semangat perlawanan oleh rakyat maluku dibawah pimpinan pattimura?

Jawaban

Rakyat Maluku tidak mau terus menderita dibawah keserakahan bangsa belanda, oleh karena itu, mereka melakukan perlawanan untuk menentang kebijakan belanda di bawah pimpinan komando Kapitan Pattimura.

Simak pembahasan berikut ini ya !

Pada awal abad 19, kawasan Maluku kembali berada dibawah kekuasaan Belanda setelah Inggris menandatangani perjanjian traktat London dengan menyerahkan wilayah kekuasaan Indonesia kepada Belanda. Adapun penyebab dari perlawanan rakyat Maluku pada saat itu antara lain :

1. Tindakan monopoli perdagangan rempah-rempah yang dilakukan Belanda melalui pelayaran Hongi di Maluku.
2. Timbulnya kesengsaraan Maluku karena kebijakan penyerahan wajib berupa penyerahan ikan asin, kopi dan hasil laut lainnya kepada Belanda.
3. Sikap Residen Saparua yang memberlakukan masyarakat Maluku dengan sewenang-wenang.

Dengan demikian, semangat perlawanan rakyat Maluku terjadi karena rakyat Maluku tidak mau terus menderita dibawah keserakahan bangsa belanda, oleh karena itu, mereka melakukan perlawanan untuk menentang kebijakan belanda di bawah pimpinan komando Kapitan Pattimura.

Pertanyaan Serupa ;

pada saat tradisi pelayaran masyarakat praaksara menggunakan perahu sederhana dimana pada sisi kanan dan kiri dipasang alat dari bamboo dan kayu agar perahu tidak mudah oleng. perahu ini dinamakan….

Jawaban

Perahu bercadik

Simak pembahasan berikut ini ya !

Perahu bercadik adalah perahu yang memiliki tangkai kayu di kedua sisi sebagai alat penyeimbang. Perahu ini digunakan sebagai alat transportasi untuk mengarungi lautan menuju kepulauan Indonesia dan pulau-pulau lain di Austronesia. Berdasarkan bukti sejarah, untuk menyeberangi lautan dari daratan Asia Tenggara seperti Malaysia dan sekitarnya, nenek moyang bangsa Indonesia melakukan pelayaran secara berkelompok dan menggunakan alat transportasi berupa perahu bercadik.

Dengan demikian, perahu yang dimaksud adalah perahu bercadik.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :