tuliskan 4 organisasi pada awal kemerdekaan! dan masing-masing organisasi dibuat tokoh pendiri dan tujuan organisasi!

tuliskan 4 organisasi pada awal kemerdekaan! dan masing-masing organisasi dibuat tokoh pendiri dan tujuan organisasi!

Jawaban

  1. Budi Utomo. Dididirikan oleh Soetomo dengan tujuan bergerak di bidang pendidikan.
  2. Sarekat Islam. Didirikan oleh Haji Samanhudi. Organisasi bergerak di bidang perdagangan.
  3. Indische Partij. Didirikan oleh E.F.E Douwes Dekker, RM Suwardi Suryaningrat, dan Tjipto Mangunkusumo. Bertujuan mengkritik pemerintah di bidang politik.
  4. Perhimpunan Indonesia. Didirikan oleh Soetan Kasajangan Soripada dan RM Noto Suroto dengan tujuan menerbitkan majalah dengan nama Indonesia Merdeka.

Banyak sekali organisasi pergerakan nasional yang telah berjuang sejak lama untuk kemerdekaan yang akhirnya diraih pada 17 Agustus 1945 lalu. Organisasi pergerakan nasional ini sendiri bergerak di berbagai bidang, mulai dari perjuangan secara fisik, bidang pendidikan, dan sebagainya.

Berikut beberapa organisasi yang berperan besar pada perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dan ikut juga berjuang juga setelah kemerdekaan. Pada tahun 1907 kemudian beliau bertemu dengan Soetomo, dan sepakat membentuk Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Dengan beranggotakan mahasiswa STOVIA, sekolah kedokteran pada masa itu

1. Budi Utomo.

Organisasi ini sendiri dicetuskan oleh Dr. Wahidin Soedirohoesodo dan bergerak di bidang pendidikan. Beliau berkeliling di pulau Jawa untuk melakukan sosialisasi, terkait pentingnya pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Sarekat Islam.

Berdiri pada tahun 1905 oleh Haji Samanhudi di Solo, organisasi pergerakan nasional ini bergerak di bidang perdagangan. Awalnya nama organisasinya adalah Sarekat Dagang Islam, sebelum kemudian diubah jadi Sarekat Islam.

3. Indische Partij.

Indische Partij berdiri pada 25 Desember 1912, organisasi ini adalah partai politik pertama yang ada di wilayah Hindia Belanda. Didirikan oleh E.F.E Douwes Dekker, RM Suwardi Suryaningrat, dan Tjipto Mangunkusumo. Secara langsung organisasi ini memberikan kritik aktif pada pemerintah kolonial Belanda dengan tulisan yang dibuat oleh pendirinya ini.

4. Perhimpunan Indonesia.

Perhimpunan Indonesia didirikan pada tahun 1908, oleh Soetan Kasajangan Soripada dan RM Noto Suroto. Perjuangan PI sendiri sudah dimulai secara aktif sejak 1923 untuk mempelopori perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia. Sebagai organisasi mandiri, PI berjuang dengan kekuatan sendiri, dengan menerbitkan majalah dengan nama Indonesia Merdeka.

Jadi 4 organisasi pada awal kemerdekaan yaitu Budi Utomo oleh Soetomo dengan tujuan bergerak di bidang pendidikan, Sarekat Islam yang didirikan oleh Haji Samanhudi dan bergerak di bidang perdagangan, Indische Partij yang didirikan oleh E.F.E Douwes Dekker dan kawan-kawan yang bertujuan mengkritik pemerintah di bidang politik, Perhimpunan Indonesia yang didirikan oleh Soetan Kasajangan Soripada serta RM Noto Suroto dengan tujuan menerbitkan majalah dengan nama Indonesia Merdeka.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :