jelaskan kaitan mataram islam dan mataram kuno

jelaskan kaitan mataram islam dan mataram kuno

Jawaban

Tidak memiliki hubungan, keduanya adalah kerajaan dengan corak yang berbeda. Mataram Kuno sistem kepercayaan yang dianut adalah Hindu-Buddha, sedangkan Mataram Islam sistem kepercayaan yang dianut adalah Islam.

Simak pembahasan berikut ini ya !

Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindhu-Buddha yang pernah eksis di wilayah Nusantara pada abad ke-8 M, dengan pusatnya ada di Jawa Tengah. Raja pertama atau dinasti pertama yang mendirikan Kerajaan Mataram Kuno adalah Sanjaya. Sedangkan Mataram Islam merupakan kerajaan Islam yang berdiri sekitar abad ke-16 M. Didirikan oleh Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati.

Pusat kerajaan terletak di Kotagedhe. Dari segi peninggalan pun kedua kerajaan ini juga berbeda, peninggalan kerajaan Mataram Kuno berupa candi, contohnya Candi Prambanan dan Borobudur. Sedangkan contoh peninggalan Mataram Islam adalah kompleks Kotagedhe.

Dengan demikian, Mataram Kuno dan Islam tidak memiliki hubungan, keduanya adalah kerajaan dengan corak yang berbeda. Mataram Kuno sistem kepercayaan yang dianut adalah Hindu-Buddha, sedangkan Mataram Islam sistem kepercayaan yang dianut adalah Islam.

 

Pertanyaan Serupa :

pada masa mesolitikum, manusia mulai mengenal seni. bukti yang mengatakan ba pada masa ini manusia telah mengenal seni adalah dengan ditemukannya ….

a. kebudayaan ngandong
b. kebudayaan menhir
c. kjokkenmoddinger
d. abris sous roche

Jawaban

D. abris sous roche

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Zaman Mesolithikum atau masa batu tengah/batu madya, terjadi sekitar 10.000-5000 sebelum masehi. Di Indonesia, zaman ini ditandai dengan kemunculan manusia purba yang sudah tinggal setengah menetap. Manusia purba di masa ini mengumpulkan makanan dan berburu tingkat lanjut, peralatan yang mereka gunakan juga sudah mulai halus dan rapi. Manusia yang tinggal di masa Mesolithikum sudah mulai mengenal kebudayaan, hal ini ditandai dengan jejak-jejak yang tersebar di goa-goa yang ditinggali.

Kebudayaan ini disebut dengan Abris Sous Roche, mereka yang tinggal di gua-gua menciptakan kebudayaan baruyang dapat diketahui dari peninggalan berupa jejak-jejak tangan di dinding gua, peninggalan berupa tulang dan batu , bahkan sudah mulai mengenal kepercayaan sederhana.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi D. Abris sous roche

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :