Tuliskan warisan hasil budaya romawi dalam bidang kemiliteran yang masih digunakan hingga saat ini

Tuliskan warisan hasil budaya romawi dalam bidang kemiliteran yang masih digunakan hingga saat ini !

Jawaban

Penamaan atau istilah dalam dunia militer, seperti divisi, infanteri, legiun, kavaleri serta semangat patria protesta atau yang sekarang dikenal dengan patriot.

Simak pembahasan berikut ini ya !

Bangsa Romawi merupakan sebuah peradaban yang maju, mereka banyak menciptakan perubahan dalam tatanan kehidupan manusia dan berdampak hingga saat ini. Salah satu dampak tersebut dapat kita lihat melalui bidang kemiliteran.

Saat ini terdapat banyak istilah dalam dunia militer yang mengadopsi istilah dari bangsa Romawi dulu. Istilah tersebut antara lain adalah divisi, infanteri, legiun dan kavaleri. Kemudian, semangat patriot yang dimiliki militer saat ini juga merupakan pengembangan dari konsep “Patria Protesta” atau konsep bela negara bangsa Romawi.

Dengan demikian, peninggalan bangsa Romawi dalam bidang militer yang ada hingga saat ini adalah Penamaan atau istilah dalam dunia militer, seperti divisi, infanteri, legiun, kavaleri serta semangat patria protesta atau yang sekarang dikenal dengan patriot.

Pertanyaan Serupa :

Sikap pemimpin pasukan jepang di indonesia dalam menghadapi kedatangan pasukan afnei adalah ….

Jawaban

Jawabannya adalah pasrah pada tindakan AFNEI.

Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II setelah kondisi Jepang yang di bom atom. Kekalahan ini diumumkan oleh Kaisar Hirohito pada 15 Agustus 1945. Jepang diharuskan menjaga status quo di daerah jajahannya termasuk Indonesia. Status quo diartikan bahwa Jepang harus menjaga kondisi Indonesia seperti apa adanya dan tidak diperbolehkan mengubah kondisi di Indonesia hingga Sekutu datang.

Pada tanggal 29 September 1945, Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) atau sekelompok pasukan Sekutu yang datang ke Indonesia. Jepang mau tidak mau harus menuruti perintah Sekutu dan pasrah menerima kedatangan mereka di Indonesia yang akan melucuti persenjataan serta mengadili Jepang.

Tranding :  Apakah yang Dimaksud dengan Berpikir Kritis?

Jadi sikap pemimpin pasukan Jepang yaitu pasrah pada tindakan AFNEI.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :