Maklumat pemerintah tanggal 16 oktober 1945 berisi tentang

Maklumat pemerintah tanggal 16 oktober 1945 berisi tentang .…

a. penghapusan jabatan perdana menteri
b. pengalihan kekuasaan presiden kepada wakil presiden
c. perubahan bentuk negara
d. perluasan wewenang knip
e. pemberlakuan sistem presidensil

Jawaban

Jawaban yang benar adalah D. perluasan wewenang KNIP.

Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang merupakan lembaga pembantu dan penasehat presiden mengadakan sidang pertama pada tanggal 16 -17 Oktober 1945. Sidang tersebut membahas tentang perluasan wewenang KNIP.

Hasil sidang tersebut dituliskan pada Maklumat Wakil Presiden Nomor X tertanggal 16 oktober 1945. Maklumat pemerintah tanggal 16 oktober 1945 tersebut berisi tentang perluasan wewenang dan tugas KNIP.

Jadi, jawaban yang benar adalah D. perluasan wewenang KNIP.

 

Pertanyaan Serupa :

Budi utomo dan indische partij merupakan organisasi yang mempelopori pergerakan nasional meskipun demikian bung tomo dan indische partij memiliki perbedaan strategi. uraikan perbedaan strategi pergerakan kedua organisasi tersebut !

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah Indische Partij menjadi organisasi pergerakan yang non-kooperatif sedangkan Budi Utomo bersifat kooperatif.

Yuk disimak penjelasannya.

Budi Utomo dan Indische Partij merupakan organisasi yang mempelopori pergerakan nasional meskipun demikian mereka memiliki perbedaan strategi.

Organisasi Budi Utomo, dalam pergerakannya bersikap kooperatif, atau mentaati dan mau bekerja sama dengan pihak kolonial Belanda. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan budaya yang tidak bersifat politik, namun dalam perkembangannya bergerak dalam bidang politik untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Sedangkan Organisasi Indische Partij, dalam pergerakannya bersikap non-kooperatif, atau tidak mentaati dan tidak mau bekerja sama dengan pihak kolonial Belanda. Strategi kegiatan dan pergerakan organisasi ini untuk mencapai tujuannya ialah, menggunakan media majalah dan surat kabar untuk mencapai tujuan mereka sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan Indische Partij tersebut. Dengan menerbitkan surat kabar, tulisan-tulisan mereka dapat di baca oleh rakyat bahkan pemerintah.

Tranding :  Bagaimana kepercayaan asli Indonesia setelah masuknya agama Hindu dan Buddha

Jadi, perbedaan strategi pergerakan kedua organisasi tersebut adalah Indische Partij menjadi organisasi pergerakan yang non-kooperatif sedangkan Budi Utomo bersifat kooperatif.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :