Tokoh yang berperan dalam mendirikan organisasi perkumpulan pemuda kristen adalah…

Tokoh yang berperan dalam mendirikan organisasi perkumpulan pemuda kristen adalah…

Jawaban

Jawaban: Dr. Ismail

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini

Awal abad ke 20 muncul berbagai organisasi-organisasi yang mempengaruhi perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia. Organisasi yang dibentuk memiliki beragam latar belakang seperti organisasi politik, organisasi kedaerahan, hingga organisasi keagamaan.

Salah satunya adalah Muda Kristen Jawi yang dibentuk pada tahun 1920. Kemudian namanya berubah menjadi Perkumpulan Pemuda Kristen. Organisasi ini didirikan oleh Dr. Ismail dari Modjowarna dengan tujuan mempersiapkan anggotanya untuk mampu memberikan pelayanan pendidikan, sosial, dan kemasyarakatan.

Dengan demikian, tokoh yang berperan mendirikan Perkumpulan Pemuda Kristen adalah Dr. Ismail

>> Pertanyaan Serupa :

Kerajaan hindu-buddha bercorak maritim pada abad ke-7 yang berhasil menguasai wilayah semenanjung Asia Tenggara meliputi Campa, semenanjung Malaya, Thailand Selatan, Sumatra, Jawa, hingga Kalimantan adalah…

Jawaban

Jawaban yang benar adalah Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan terbesar di nusantara yang bercorak maritim dan berkembang antara abad ke-7 hingga ke-13. Lokasinya berada di tepian Sungai Musi, di daerah Palembang, Sumatera Selatan.

Kerajaan Sriwijaya mencapai masa kejayaan pada masa kepemimpinan Balaputradewa. Pada masa kejayaan ini, Sriwijaya memiliki wilayah yang sangat luas meliputi Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, dan pesisir Kalimantan.

Jadi, jawaban yang benar adalah Kerajaan Sriwijaya

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :