Demokrasi terpimpin dilaksanakan sejak berlakunya dekrit presiden 5 Juli 1959 hingga

Demokrasi terpimpin dilaksanakan sejak berlakunya dekrit presiden 5 Juli 1959 hingga…

Jawaban

Jawaban yang benar : Demokrasi Terpimpin dimulai ketika Dekrit Presiden tahun 1959 hingga berakhirnya masa pemerintahan Presiden Sukarno pada tahun 1966.

Demokrasi terpimpin adalah sebuah sistem demokrasi yang seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpin negara, Presiden Soekarno.

Demokrasi Terpimpin berjalan berdasarkan Dekret Presiden 5 Juli 1959 dan Ketetapan MPRS No. VIII/MPRS/1965. Secara ringkas, Dekrit Presiden berisi :

  1. Dibubarkannya Konstituante.
  2. Diberlakukannya kembali UUD 1945.
  3. Tidak berlakunya lagi UUD 1950.
  4. Dibentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) dan Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS).

Berakhirnya Demokrasi Terpimpin ditandai dengan diberlakukannya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966 yang memberikan mandat kepada Letnan Jenderal Soeharto untuk mengambil segala tindakan yang “dianggap perlu” demi pembersihan setelah terjadinya Gerakan 30 September (G30S/PKI). Supersemar sekaligus tanda berakhirnya masa kepemimpinan Soekarno.

Jadi, jawaban yang benar : Demokrasi Terpimpin dimulai ketika Dekrit Presiden tahun 1959 hingga berakhirnya masa pemerintahan Presiden Sukarno pada tahun 1966.

 

>> Pertanyaan Serupa ;

Pemilu 2004 berlangsung dalam dua tahap. Tahap kedua yaitu meniru untuk memilih…

Jawaban

Jawaban: Presiden dan Wakil Presiden

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini

Pemilu tahun 2004 merupakan Pemilu pertama dalam agenda pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang sebelumnya dipilih melali Sidang MPR. Pemilu tahun 2004 dilakukan melalui dua kali putaran. Pertama pada 5 Juli 2004 untuk memilih para wakil rakyat atau badan Legislatif. Kedua, pada 20 September 2004 untuk memilih pasangan Presiden dan Wakil Presiden. Pemilu 2004 kemudian dimenangkan oleh pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Yusuf Kalla.

Dengan demikian, Pemilu tahun 2004 putara kedua adalah untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :