Perang Tapanuli berakhir pada tahun 1907. Berakhirnya perang Tapanuli ditandai dengan

Perang Tapanuli berakhir pada tahun 1907. Berakhirnya perang Tapanuli ditandai dengan…

Jawaban

Jawabannya adalah gugurnya Sisingamangaraja XII.

Perang Batak adalah perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Toba di Sumatera Utara terhadap Belanda pada tahun 1878-1907. Perang ini disebut perang Batak/Tapanuli karena dalam peperangan, sebagian besar masyarakatnya berasal dari rumpun suku Batak yang terdiri dari Toba, Karo, Pakpak, Simalungun, Angkola, dan Mandailing.

Perang batak ini dipimpin oleh Raja Sisingamangaraja XII. Pada tahun 1907, Pasukan Marsose di bawah pimpinan Kapten Hans Christoffel berhasil menangkap Boru Sagala, istri Sisingamangaraja XII serta dua orang anaknya, sementara itu Sisingamangaraja XII dan para pengikutnya berhasil melarikan diri ke hutan Simsim.

Ia menolak tawaran untuk menyerah, dan dalam pertempuran tanggal 17 Juni 1907, Sisingamangaraja XII gugur bersama dengan putrinya Lopian dan dua orang putranya Sutan Nagari dan Patuan Anggi. Gugurnya Sisingamangaraja XII menandai berakhirnya perang Batak dan menandakan kemenangan untuk pihak Belanda yang pada saat itu berada di bawah pimpinan Kapten Christoffel.

Dengan demikian, perang Tapanuli berakhir pada tahun 1907. Berakhirnya perang Tapanuli ditandai dengan gugurnya Sisingamangaraja XII .

>> Pertanyaan Serupa :

Jelaskan sejarah masa pra aksara!

Jawaban

Jawaban yang benar adalah masa di mana manusia belum mengenal tulisan

Pembahasan:

Zaman praaksara dibagi menjadi 3 yaitu:

1)Zaman Paleolitikum (Zaman Batu Tua) merupakan zaman yang memiliki ciri khas berupa perkembangan alat-alat batu. Zaman ini mencakup sekitar 95% masa prasejarah teknologi manusia.

2)Zaman Mesolitikum (Zaman Batu Tengah) adalah suatu periode dalam perkembangan teknologi manusia, antara Paleolitik atau Zaman Batu Tua dan Neolitik atau Zaman Batu Muda.

Tranding :  Menurut pembagian geologi, zaman telah ditemukannya bukti bahwa manusia sudah mulai ada adalah

3)Zaman Neolitikum (Zaman Batu Baru/ Batu Muda) merupakan fase atau tingkat kebudayaan pada zaman prasejarah yang mempunyai ciri-ciri berupa unsur kebudayaan, seperti peralatan dari batu yang diasah, pertanian menetap, peternakan, dan pembuatan tembikar.

Simpulan:

Dapat disimpulkan bahwa masa pra aksara adalah masa di mana manusia belum mengenal tulisan.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :