Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan hindu terbesar di Indonesia. Kerajaan Majapahit pernah mengalami kejayaan karena didukung kondisi geografisnya yaitu

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan hindu terbesar di Indonesia. Kerajaan Majapahit pernah mengalami kejayaan karena didukung kondisi geografisnya yaitu….

Jawaban

Jawaban: Kondisi geografis Majapahit diantara sungai-sungai yang memberikan kesuburan tanah dan kelancaran perdagangan dalam negeri

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini

Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan di masa kekuasaan Hayam Wuruk dengan Patihnya yang bernama Gajah Mada. Selain itu, faktor penting dari kemajuan Majapahit adalah kondisi dan letak geografisnya. Kerajaan Majapahit berada di wilayah pedalaman dan dekat dengan sungai-sungai. Kerajaan Majapahit berada di antara lembang sungai Brantas dan Bengawan Solo yang digunakan sebagai jalur penting perdagangan dalam negeri hingga sebagai sarana irigasi bagi pertanian di Majapahit.

Kerajaan Majapahit berada di jalur perdagangan internasional sehingga membuat pelabuhan Majapahit selalu ramai oleh pedagang asing. Pelabuhan Majapahit berfungsi sebagai tempat dalam kegiatan ekspor-impor dan tempat transit bagi komoditas rempah di kawasan timur. Hadirnya pelabuhan ini melancarkan hasil pajak terkait komoditas bagi Majapahit.

Dengan demikian, kondisi geografis Majapahit diantara sungai-sungai yang memberikan kesuburan tanah dan kelancaran perdagangan dalam negeri

>>>Pertanyaan Serupa :

Sejenis kubur batu yang memiliki tutup diatasnya, biasanya wadah dan tutupnya berukuran sama, pada dindingnya biasanya diberi ukiran manusia atau hewan yang dianggap memiliki kekuatan magis adalah…

Jawaban

Jenis kubur batu yang memiliki tutup diatasnya dan dindingnya diberi ukiran manusia atau h e w a n adalah Sarkofagus.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Sarkofagus adalah kubur batu, yang memiliki tutup di atasnya. Pada dinding sarkofagus, biasanya diberi ukiran manusia atau b i n a t a n g yang dianggap memiliki kekuatan magis.

Sarkofagus merupakan salah satu peninggalan Zaman Megalitikum. Sarkofagus banyak ditemukan di Bali dan Bondowoso. Sarkofagus berfungsi sebagai kuburan, peti mayat atau wadah kubur.

Dengan demikian, kubur batu yang memiliki tutup diatasnya, biasanya wadah dan tutupnya berukuran sama, pada dindingnya biasanya diberi ukiran manusia atau h e w a n yang dianggap memiliki kekuatan magis adalah Sarkofagus.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :