Banten pada abad ke-16 menjadi salah satu bandar perdagangan penting di Nusantara karena

Banten pada abad ke-16 menjadi salah satu bandar perdagangan penting di Nusantara karena…

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Banten menjadi salah satu bandar perdagangan penting di Nusantara karena letaknya yang strategis, memiliki bahan ekspor lada, dan dikuasainya Malaka oleh Portugis’

Soal menanyakan alasan Banten menjadi salah satu bandar perdagangan penting di Nusantara.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Pada abad ke-16, Banten berkembang menjadi pelabuhan dagang yang termasuk dalam jaringan jalur sutra. Posisi Banten yang berada di ujung barat Pulau Jawa menjadikannya pelabuhan penting bagi pelayaran. Letaknya yang strategis membawa Kesultanan Banten tumbuh dan berkembang menjadi kota pelabuhan yang ramai dan maju. Banten terletak di Selat Sunda yang menghadap ke Samudera Hindia dan menjadi pintu gerbang bagi pelayaran dari barat. Selain itu Banten juga kaya akan bahan ekspor lada.

Pelabuhan Banten semakin berkembang pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa. Pelabuhan Banten ini dibangun sebagai pelabuhan transit agar pedagang-pedagang asing singgah di Banten. Sultan Ageng Tirtayasa banyak menjalin hubungan dengan bangsa-bangsa asing seperti lnggris, Prancis, Cina, Persia, dan Arab. Hal inilah yang menyebabkan pelabuhan Banten mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Jadi jawaban yang benar adalah ‘Banten menjadi salah satu bandar perdagangan penting di Nusantara karena letaknya yang strategis, memiliki bahan ekspor lada, dan dikuasainya Malaka oleh Portugis’

>>>Pertanyaan Serupa :

Kerajaan Mataram islam yang muncul setelah kekuasaan kerajaan Pajang didirikan oleh…

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Panembahan Senopati.’

Soal menanyakan siapakah pendiri Kerajaan Mataram Islam yang muncul setelah kekuasaan kerajaan Pajang.

Tranding :  Mengapa Sistem Ekonomi Gerakan Benteng Tidak Berhasil Mencapai Tujuannya?

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Panembagan Senopati merupakan raja pertama Kerajaan Mataram Islam dengan gelar Panembahan Senapati Ing Alaga Sayidin Panatagama. Selama berkuasa, Panembahan Senopati mulai memperluas daerah kekuasaan Mataram Islam ke wilayah di sekitarnya. Di bawah kekuasaan Panembahan Senopati, Kesultanan Mataram dikenal sebagai kerajaan bercorak agraris dengan ibu kota terletak di Kotagede, Yogyakarta yang dulunya bernama Mentaok.

Jadi jawaban yang benar adalah ‘Panembahan Senopati.’

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :