kisah Rama dan Sinta terdapat pada relief candi

kisah Rama dan Sinta terdapat pada relief candi

Jawaban

1. Candi Prambanan

Kisah Rama dan Sinta paling populer tergambar dalam relief Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi bercorak Hindu yang terletak di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Kawistara, relief Ramayana di Candi Prambanan menceritakan tentang peristiwa yang dialami dan dilakukan oleh Rama sebagai titisan Dewa Wisnu. Dari 24 panil relief Ramayana, empat di antaranya menjelaskan peristiwa Rama sebagai penjaga kehidupan, yakni menegaskan sosok Dewa Wisnu.

Selain itu, relief Ramayana dalam candi Prambanan juga menggambarkan kisah asmara Rama dan Sinta. Kisah Rama dan Sinta dapat dilihat pada Candi Siwa dan Brahma.

2. Candi Penataran

Selain tergambar pada candi Prambanan, kisah Rama dan Sinta juga terdapat pada Candi Penataran. Candi Penataran adalah candi Hindu yang terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, tepatnya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Candi ini juga dikenal sebagai kompleks percandian terluas.

Melansir situs Cagar Budaya Jawa Timur, relief Ramayana pada Candi Penataran terletak pada dinding candi utama. Cerita tersebut diawali dari cerita Hanoman yang diutus ke Alengka dan diakhiri dengan Kumbhakarna gugur.

Seluruh cerita dipahat di 102 panil dan dibatasi oleh ragam hias medalion. Adegan dimulai dari sebelah barat dekat dengan tangga. Relief dapat dibaca hanya dengan mengikuti alur prasawya, candi sebelah kiri.

 

Tranding :  Apa saja Akibat Penjajahan di Bidang Ekonomi?

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :