sebutkan anggota angkatan v yang dibentuk PKI

sebutkan anggota angkatan v yang dibentuk PKI

Jawaban

Angkatan Darat mula-mula memberikan reaksi yang mendua,” tulis Ulf Sundhaussen dalam Politik Militer Indonesia 1945-1967: Menuju Dwi Fungsi ABRI (1986: 339). AD menyerahkan keputusan tentang pembentukan Angkatan Kelima kepada Pemimpin Besar Revolusi (Presiden Sukarno).

Tapi kemudian, ide itu pun ditentang. Angkatan Kelima tak akan jauh berbeda dengan Angkatan Darat reguler yang sudah ada. Pada 1965, AD dipimpin Letnan Jenderal Ahmad Yani dengan nama jabatan Menteri/Panglima Angkatan Darat (Menpangad). Angkatan Darat kala itu setara sebuah departemen atau kementerian.

Yani dan jenderal-jenderal Angkatan Darat pada umumnya anti-komunis. Mereka menentang pembentukan Angkatan Kelima. “Membentuk departemen Angkatan V (Kelima) tak efisien,” kata Yani, seperti dikutip Antara (28/7/1965). Yani secara tegas menyatakan ketidaksetujuannya atas usul Aidit itu.

Selain dianggap tidak efisien, pasukan sipil bersenjata sudah ada dalam wujud Pertahanan Sipil (Hansip). “[Yani] berpendapat bahwa pembentukan Angkatan Kelima seperti yang digagaskan oleh Ketua CC-PKI tersebut tidak efisien, lebih-lebih ada satuan Pertahanan Sipil (Hansip) yang mampu menampung gagasan semacam laskar-laskar tersebut,” catat Atmadji Sumarkidjo dalam Mendung Di Atas Istana Merdeka: Menyingkap Peran Biro Khusus PKI dalam Pemberontakan G30S

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Apakah yang Dimaksud dengan Perilaku Kerja Prestatif?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :