Tanah milik negara, maka rakyat harus membayar kepada negara. Hal ini yang melatarbelakangi sistem sewa tanah pada masa pemerintahan

Tanah milik negara, maka rakyat harus membayar kepada negara. Hal ini yang melatarbelakangi sistem sewa tanah pada masa pemerintahan ….

Jawaban

Tanah milik negara, maka rakyat harus membayar kepada negara. Hal ini yang melatarbelakangi sistem sewa tanah pada masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles (1811-1816).

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Setelah berhasil mengusir Janssens dari Hindia Belanda melalui Kapitulasi Tuntang (1811). Sejak saat itu, Hindia Belanda berada di bawah kekuasaan Inggris. Inggris menunjuk Thomas Stamford Raffles untuk menjadi letnan gubernur kekuasaan Inggris di Indonesia. Ia bertanggung jawab terhadap Gubernur Jenderal Inggris di Bengal, India.

Pada masa pemerintahannya di Hindia Belanda, Raffles menjalankan berbagai kebijakan, salah satunya adalah sewa tanah atau landrent. Kebijakan ini adalah ketika tanah dijadikan sebagai hak milik negara dan rakyat adalah penggarapnya. Sebagai penggarap, mereka harus membayar sewa tanah kepada negara. Harga yang harus dibayarkan kepada pemerintah telah dipertimbangkan berdasarkan kondisi tanah dan harus dibayarkan secara tunai.

Sayangnya, pelaksanaan sewa tanah ini tidak berlangsung mulus, malah mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan terbentur oleh sistem sosial budaya dan tradisi Jawa, belum adanya hukum yang mengatur tanah, dan rakyat pribumi yang belum terbiasa menggunakan uang sebagai alat pembayaran pajak. Selain itu, singkatnya masa pemerintahan Raffles mewarnai kegagalan dari sistem sewa tanah.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  perlawanan rakyat ternate terhadap portugis pada abad XVI disebabkan faktor politik dan ekonomi. faktor ekonomi penyebab perlawanan ini ditunjukkan oleh pernyataan

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :