Sebutkan 3 benua terluas di dunia

Sebutkan 3 benua terluas di dunia!

Jawaban

1. Benua Asia

Asia merupakan benua terbesar di Bumi yang terbentang dari Laut Mediterania bagian timur hingga Samudra Pasifik bagian barat.

Ada lebih dari 40 negara di Benua Asia. Beberapa di antaranya termasuk negara terpadat di dunia, yakni Cina, India, dan Indonesia.

60 persen penduduk Bumi tinggal di Benua Asia dan lebih dari satu per tiga penduduk dunia tinggal di Cina dan India.

Benua Asia menyumbang hampir sepertiga daratan dunia. Benua ini memiliki berbagai wilayah iklim dari kutub di Arktik Siberia hingga tropis di khatulistiwa Indonesia.

Dibandingkan benua lainnya, Asia adalah yang paling bergunung-gunung. Lebih dari 50 puncak tertinggi di dunia berada di Asia.

2.Benua Afrika

Setelah Asia, Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia. Wilayah Afrika mencakup lebih dari tiga kali luas Amerika Serikat.
Dari utara ke selatan, Afrika membentang sekitar 8.000 km. Ia terhubung dengan Asia oleh Tanah Genting Suez di Mesir.

Sebagian besar Benua Afrika adalah dataran tinggi yang dikelilingi oleh jalur sempit dataran rendah pesisir. Dataran tinggi berbukit dan pegunungan menjulang di beberapa area pedalaman

3.Benua Amerika Utara

Amerika Utara, benua terbesar ketiga di dunia, terbentang dari Kepulauan Aleutian kecil di barat laut hingga Tanah Genting Panama di selatan.

Benua Amerika Utara mencakup pulau besar di Greenland di timur laut. Di ujung utara, benua itu membentang di belahan dunia, dari Greenland hingga Aleutians.

Amerika Utara memiliki berbagai keajaiban alam. Bentuk lahan dan semua jenis vegetasi dapat ditemukan di dalam batas-batasnya.

Tranding :  Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :