Sebutkan salah satu contoh intervensi politik pada perang dingin

Sebutkan salah satu contoh intervensi politik pada perang dingin ?

Jawaban

Salah satu faktor penyebab Perang Dingin yang berlangsung sejak akhir Perang Dunia II hingga runtuhnya Uni Sovyet adalah perbedaan ideologi Amerika Serikat dan Uni Sovyet.

Komunisme adalah ideologi yang diikuti oleh Uni Soviet. Ideologi ini didirikan oleh Karl Marx, yang menyatakan bahwa segala sesuatu harus dimiliki oleh pemerintah dan kemudian dibagi secara merata di antara kaum pekerja. Uni Sovyet juga menganut faham totaliter dengan kekuasaan dan ekonomi berpusat pada negara dan partai komunis.

Sementara, Amerika Serikat beridoeologi kapitalisme yang berarti bahwa orang bisa memiliki tanah dan bisnis dan bersaing untuk diri mereka sendiri. Hal ini menyebabkan kontras antara orang miskin dan kaya. Amerika Serikat juga demokrasi, yang berarti orang-orang yang memiliki suara untuk memilih pemerintahan dan memiliki kebebasan melakukan kegiatan ekonomi.

Kedua menyebarkan ideologinya melalui:

1. Propaganda
Kedua belah pihak di Perang Dingin melakukan propaganda melalui media massa seperti televisi, radio dan suratkabar. Amerika Serikat memiliki radio VOA (Voice of Amerika) dan Radio Free Europe/Radio Liberty. Sementara Uni Sovyet memiliki Radio Moscow. Media massa ini digunakan untuk menyebarkan ideologi ke negara-negara di dunia.

2. Kegiatan Intelegen
Operasi intelejen digunakan untuk menyebarkan ideologi masing-masing. Operasi intelejen dilakukan dengan melakukan kudeta terhadap pemerintah negara-negara yang dianggap mengancam idologi para negara adi daya. Misalnya, Amerika Serikat melakukan kudeta di Iran terhadap Perdana Menteri Mohammad Mosaddegh, yang ingin menasionalisasi perusahaan minyak Barat di Iran. Mosaddegh digulingkan pada tahun 1953 dengan bantuan dinas intelejen Amerika Serikat, CIA.

3. Pemberian Bantuan Keuangan
Uni Sovyet dan Amerika Serikat memberi bantuan keuangan ke negara-negara di dunia agar menjadi sekutu mereka di Perang Dingin. Misalnya, Amerika Serikat memberikan bantuan bantuan kepada negara-negara Eropa selepas Perang Dunia II yang disebut dengan Marshal Plan. Sementara, Uni Sovyet memberi bantuan kepada pemerintah Mesir dibawah Gamal Abdul Naser untuk membangun bendungan Aswan di Sungai Nil.

Tranding :  apa yang dimaksud dengan zaman arkaikum

4. Intervensi Militer
Keuda negara tidak segan mengirim tentaranya ke negara-negara yang dianggap ini menyeberang ke ideologi yang berlawanan. Amerika Serikat misalnya, menyerang Grenada pada tahun 1983, dan Vietnam pada tahun 1960an. Sementara Uni Soviet melakukan serangan militer ke Hungaria pada tahun 1956 dan Afghanistan pada tahun 1989.

5. Kegiatan Diplomasi
Kegiatan diplomasi berupa dukungan di Perserikatan Bangsa-Bangsa kepada negara yang dianggap bersahabat dan memihak ideologi mereka. Uni Sovyet misalnya, memberikan dukungan ke negara-negara Afrika seperti Angola dan Mozambique yang berjuang melepaskan diri dari penjajahan dengan dipimpin partai komunis setempat. Sementara Amerika Serikat mendukung Taiwan yang bersetegang dengan Republik Rakyat China. Umumnya dukungan diplomatis ini disertai dengan dukungan keuangan dan dapat juga disertai dengan bantuan militer.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :