Jelaskan definisi reformasi yang berlangsung tahun 1998

Jelaskan definisi reformasi yang berlangsung tahun 1998

Jawaban

Reformasi adalah gerakan untuk mengubah bentuk atau perilaku suatu tatanan, karena tatanan tersebut tidak lagi disukai atau tidak sesuai dengan kebutuhan zaman, baik karena tidak efisien maupun tidak bersih dan tidak demokratis.

Di Indonesia, terjadi gerakan reformasi pada tahun 1998, gerakan ini bertujuan untuk melakukan tekanan agar pemerintah mengadakan perubahan politik yang berarti, melalui pelaksanaan reformasi secara total.

Kemunculan gerakan reformasi dilatarbelakangi terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia. Gerakan ini pada awalnya hanya berupa demonstrasi di kampus-kampus besar. Namun mahasiswa akhirnya harus turun ke jalan karena aspirasi mereka tidak mendapatkan respon dari pemerintah.

Jadi, kita bisa simpulin nih kalau Reformasi itu merupakan bagian dari dinamika masyarakat, dalam arti bahwa perkembangan akan menyebabkan tuntutan terhadap pembahruan dan perubahan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan perkembangan tersebut. Reformasi juga bermakna sebagai suatu perubahan tanpa merusak (to change without destroying) atau perubahan dengan memelihara (to change while preserving).

Dalam hal ini, proses reformasi bukanlah proses perubahan yang radikal dan berlangsung dalam jangka waktu singkat, tetapi merupakan proses perubahan yang terencana dan bertahap.

Pembahasan lebih lanjut tentang Definisi Reformasi tahun 1998

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Tuliskan tentang perbedaan cara pandang geograi dengan ilmu lainnya

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :