Apa yang dimaksud politik etis

Apa yang dimaksud politik etis ?

Jawaban

Politik Etis adalah politik balas budi Pemerintah Belanda kepada Indonesia untuk mengganti kerugian yang diakibatkan karena adanya kebijakan tanam paksa.

Yuk simak pembahasannya.

Politik Etis atau Politik Balas Budi, dalam bahasa Belanda disebut Ethische-Politiek merupakan kebijakan resmi pemerintahan kolonial Hindia Belanda pada awal abad ke-20 masehi. Adapun penyebab pemerintah resmi menerapkan kebijakan ini, berawal dari utamanya penerapan Cultuurstelsel pada tahun 1830, yang diprakarsai oleh Johannes van den Bosch.

Cultuurstelsel merupakan kebijakan tanam paksa dimana rakyat Hindia Belanda singkatnya dipaksa menanam komoditas ekspor demi kepentingan Belanda. Kebijakan ini dirasakan amat menyengsarakan rakyat, sehingga dalam beberapa tahun kemudian muncul kecaman dan kritikan bahkan dari orang-orang Belanda sendiri. Salah satu kritikan tersebut muncul dalam tulisan seseorang bernama van Deventer yang berjudul Een Eereschuld (Hutang Kehormatan) dan dimuat pada majalah De Gids tahun 1899.

Kritikan tersebut berisi perlunya pemerintah Belanda membayar utang budi dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat di negara jajahan. Kritik tersebut akhirnya menjadi perhatian serius pemerintah dan membuat Ratu Wilhelmina menetapkan kebijakan Politik Etis yang berisi tiga kebijakan: edukasi, irigasi, dan transmigrasi. Kebijakan ini berlaku sejak penetapannya pada tanggal 17 September 1901.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Mengapa kerajaan singasari bisa runtuh

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :