Apa saja sikap yang dapat dipetik dari kisah hidup Dr.Soepomo

Apa saja sikap yang dapat dipetik dari kisah hidup Dr.Soepomo?

Jawaban

Supomo dilahirkan pada tanggal 22 Januari 1903, di kota Sukoharjo (Solo – Jawa Tengah). Supomo adalah seorang ahli hukum pada generasi pertama dan merupakan anggota yang aktif dalam organisasi BPUPKI serta PPKI. Perannya yang terkenal adalah ikut mengusulkan dasar negara dalam sidang BPUPKI pertama yang digelar 31 Mei 1945

MR. SOEPOMO adalah salah satu tokoh penting yang berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan Mr. Soepomo dijuluki sebagai Arsitek UUD 1945. Ada banyak hal yang bisa diteladani dari Mr. Soepomo, antara lain sebagai berikut:

  • Mr. Soepomo dikenal sebagai pelajar tangguh, ia bahkan melanjutkan sekolah hingga ke negeri Belanda. Semangatnya dalam mengejar pendidikan perlu diteladani siapapun.
  • Meskipun dekat dengan Belanda dan bahkan bekerja di kantor Belanda, namun Mr. Soepomo tetap berani mengkritik belanda di dalam disertasinya. Sikapnya yang selalu memihak pada kebenaran perlu untuk diteladani.
  • Meski Mr. Soepomo memberi kritik, namun ia dikenal dengan etika bahasanya yang sangat sopan sehingga kritikan yang sampaikan tidak ditanggapi secara keras namun membekas. Ini membuktikan bahwa Mr. Soepomo selain cerdas juga berkepala dingin, sikap ini tentu perlu juga kita teladani.
  • Saat merumuskan dasar Negara, Mr. Soepomo dan pendiri bangsa lainnya berdiskusi saling memberi pendapat untuk kepentingan bersama dengan mengenyampingkan ego untuk mencapai musyawarah mufakat. Ini nilai teladan yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tranding :  Perkembangan revolusi industri mengahasilkan kemudahan dalam proses perekonomia. Inggris kala itu menjadikan bangsa jajahan sebagai pasar dan penyuplai dengan alasan

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :