Analisa teori asal daerah kedatangan islam ke indonesia ,beserta tahun dan buktinya

Analisa teori asal daerah kedatangan islam ke indonesia ,beserta tahun dan buktinya

Jawaban

Teori-teori mengenai kedatangan Islam ke Indonesia terbagi atas tiga (4) teori yakni teori Mekkah, teori Persia, teori Gujarat, dan teori Cina.

Untuk lebih jelasnya, pahami penjelasan berikut.

1. Teori Mekkah
Teori ini diungkapkan oleh Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah). Beliau mengungkapkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Masehi dengan bukti-bukti yang diantaranya yaitu persamaan madzhab antara madzhab di Arab Saudi dengan Indonesia yakni madzhab Syafi’i.

Selain itu terdapat juga bukti lain yakni catatan dari Dinasti Tang yang berjudul Hsin-tangshu atau Sejarah Dinasti Tang yang menyebutkan bahwa pada 674 M telah ada pemukiman pedagang Arab di Polu-shih (Barus, Pantai Barat Sumatra).

2. Teori Persia
Teori ini diungkapkan oleh Hoesein Djajadiningrat. Beliau mengungkapkan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia pada 13 M dengan bukti-bukti yang diantaranya yaitu persamaan budaya dan tradisi yang berkembang antara masyarakat Persia dan Indonesia.

Tradisi tersebut antara lain adalah perayaan 10 Muharram atau Asyuro sebagai hari suci kaum Syiah atas kematian Husein bin Ali, seperti yang berkembang dalam tradisi Tabot di Pariaman, Sumatra Barat dan Bengkulu.

3. Teori Gujarat
Teori ini diungkapkan oleh Snouck Hurgronje. Beliau mengungkapkan bahwa Islam masuk ke kepulauan Indonesia berasal dari Gujarat sekitar abad ke-13 Masehi dengan bukti-bukti yang diantaranya yaitu kesamaan batu nisan Malik al-Saleh dengan batu nisan yang ada di Cambay, Gujarat. Batu nisan Sultan Malik al-Saleh tersebut berangka tahun 698 H atau 1297 M.

Selain itu terdapat juga bukti lain yakni catatan Marcopolo (pedagang Venesia) yang singgah di Sumatera dalam perjalanan pulangnya dari Cina pada tahun 1292. Di sana disebutkan bahwa Perlak merupakan kota Islam.

Tranding :  Pak Joko menanam satu tanaman kelengkeng tetapi tanaman tersebut tidak berbuah meskipun usianya dewasa. Kejadian ini disebabkan tanaman kelengkeng

4. Teori Cina
Menurut Teori Cina, Islam masuk ke Nusantara pada sekitar abad ke-9. Dalam hal ini, etnis muslim Cina berperan dalam proses penyebaran Islam di Nusantara bersamaan dengan migrasi mereka ke Asia Tenggara.

Adapun bukti yang mendukung Teori Cina adalah pengaruh yang kuat budaya dan tradisi Cina pada budaya Sumatera bagian selatan. Selain itu, Raden Patah, pendiri Kerajaan Demak adalah keturunan Tionghoa dari garis ibunya. Bukti lain terdapat pada masjid di beberapa kota di Indonesia yang memiliki arsitektur Cina. Seperti contohnya Masjid Cheng Ho di Surabaya yang kaya akan ornamen Cina.

Dengan demikian, terdapat tiga teori mengenai kedatangan Islam ke Indonesia yakni teori Mekkah, teori Persia, teori Gujarat, dan teori Cina.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :