Jelaskan pengaruh positif perjuangan masa awal pergerakan nasional pada masa kini

Jelaskan pengaruh positif perjuangan masa awal pergerakan nasional pada masa kini

Jawaban

Perjuangan bangsa Indonesia pada masa awal pergerakan nasional Indonesia ialah dengan merintis organisasi-organisasi yang dapat menarik atensi masyarakat sehingga dapat mendukung perjuangan. Sehingga pengaruh positif bagi bangsa Indonesia masa kini ialah dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan menyadarkan bahwa dalam kehidupan berbangsa diperlukan rasa persatuan.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Masa penjajahan bangsa asing telah membuat tatanan masyarakat Indonesia tidak menentu. Penderitaaan tiada akhir membuat beberapa tokoh menginisasi untuk membentu organisasi sebagai alat untuk menyebarluaskan semangat sebagai bangsa untuk melepaskan diri dari penjajahan kolonial Belanda.

Sehingga itu munculah kesadaran akan kemerdekaan yang harus diraih dengan melalui masa Pergerakan Nasional. Masa Pergerakan Nasional Indonesia merujuk kepada situasi dimana saat itu tumbuh kesadaran akan sebuah bangsa untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan, dan mencapai kemerdekaan salah satu bentuk perjuanganya ialah melalui organisasi modern yang tentunya terstruktur dengan jelas.

Adapun perjuangan bangsa Indonesia pada masa awal pergerakan nasional Indonesia ialah dengan merintis organisasi-organisasi yang dapat menarik atensi masyarakat sehingga dapat mendukung perjuangan. Kemudian sifat organisasi pun lebih moderat atau lunak kepada kebijakan pemerintahan kolonial Belanda. Hal tersebut telihat dari perjuangan organisasi seperti Budi Utomo. Organisasi ini menjadi pelopor bagi bangsa Indonesia untuk bersatu. Dimana segala perbedaan yang ada dijadikan sebagai alat untuk bersatu.

Sehingga pengaruh positif bagi bangsa Indonesia masa kini ialah dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan menyadarkan bahwa dalam kehidupan berbangsa diperlukan rasa persatuan.

Dengan demikian, perjuangan bangsa Indonesia pada masa awal pergerakan nasional Indonesia ialah dengan merintis organisasi-organisasi yang dapat menarik atensi masyarakat sehingga dapat mendukung perjuangan. Sehingga pengaruh positif bagi bangsa Indonesia masa kini ialah dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan menyadarkan bahwa dalam kehidupan berbangsa diperlukan rasa persatuan.

Tranding :  Bagaimana Pemikiran Soepomo?

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :