Jelaskan bagaimana kehidupan militer Kesultanan Mataram

Jelaskan bagaimana kehidupan militer Kesultanan Mataram!

Jawaban

Jawabannya adalah kehidupan milter Kesultanan Mataram pada saat itu sudah cukup mumpuni dan bahkan sudah cukup membuat VOC merasa segan.

Pahamilah penjelasan berikut:

Meskipun militer kesultanan Mataram mengalami kegagalan dalam peristiwa penyerangan Batavia. Namun, di balik itu VOC selalu khawatir dengan kekuatan tentara Mataram. Tentara VOC selalu berjaga-jaga untuk mengawasi gerak-gerik pasukan Mataram.

Sebagai contoh pada waktu pasukan Sultan Agung dikirim ke Palembang untuk membantu Raja Palembang dalam melawan VOC, rombongan tentara langsung diserang oleh tentara VOC di tengah perjalanan. Secara militer Mataram memang tidak berhasil memaksa VOC untuk menjadi bawahan Mataram.

Sementara itu, tentara VOC sendiri sebenarnya merasa khawatir dan segan terhadap kekuatan militer Mataram. Sultan Agung yang cerdas itu kemudian menggunakan kemampuan diplomasi. Melalui kemampuan diplomasinya Sultan Agung berhasil memaksa VOC untuk mengakui eksistensi Mataram dan Sultan Agung sebagai Yang Dipertuan Agung.

Hal ini buktikan dengan pengiriman upeti secara periodik dari VOC ke Mataram. Sementara VOC mendapat imbalan diizinkan untuk melakukan perdagangan di pantai utara Jawa.

Dengan demikian, kehidupan militer Kesultanan Mataram dapat kita simpulan sudah berada pada taraf yang hampir sebanding dengan militer kolonial.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  bentuk perjuangan pada zaman jepang adalah

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :