sistem tanam paksa atau romusha yang di terapkan oleh jepang awalnya bersifat ikhlas, namun kemudian jepang mulai merubah sikapnya

sistem tanam paksa atau romusha yang di terapkan oleh jepang awalnya bersifat ikhlas, namun kemudian jepang mulai merubah sikapnya dan menjadikan romusha menjadi pemaksaan terhadap rakyat indonesia karena….

Jawaban

Jepang menerapkan romusha karena untuk kepentingan melawan Sekutu.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Romusha adalah kerja paksa yang diterapkan oleh Pemerintah Jepang. Romusha berbeda dengan tanam paksa yang diterapkan oleh Belanda. Romusha pada dasarnya merupakan kerja paksa seperti halnya dengan kerja rodi pada masa kolonial Belanda.

Pada awalnya, Romusha merupakan kerja secara sukarela yang dilakukan oleh rakyat Indonesia dalam proses pembangunan. Romusha kemudian diterapkan oleh Jepang untuk kepentingan propaganda. Setelah propaganda selesai Jepang masih menerapkan romusha karena untuk kepentingan Jepang dalam melawan Sekutu.

Untuk menghadapi Sekutu dalam perang Asia Timur Raya, Jepang membangun gua-gua, benteng pertahanan, dan rel kereta api. Pembangunan itu dilakukan dengan memanfaatkan tenaga rakyat Indonesia yang diambilkan dari penduduk desa.

Dengan demikian, Jepang menerapkan romusha karena untuk kepentingan melawan Sekutu.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  selain berdasarkan geologis, periodisasi masa praaksara dibagi berdasarkan arkeologis. dasar periodisasi masa praaksara secara arkeologis adalah

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :