sebutkan dan jelaskan empat kelompok flora berdasarkan tingkat kelembaban lingkungan habitatnya

sebutkan dan jelaskan empat kelompok flora berdasarkan tingkat kelembaban lingkungan habitatnya

Jawaban

1.Tumbuhan Xerophyta

Tumbuhan yang mampu hidup di daerah kering atau daerah yang kekurangan air. Tumbuhan ini beradaptasi dengan cara merubah daunnya menjadi duri, mempunyai akar yang panjang, memiliki stomata atau mulut daun yang sedikit. Terdapat lapisan kutikula yang berfungsi mengurangi penguapan contoh tumbuhan ini adalah kaktus, kurma, dan lidah buaya.

2.Tumbuhan Tropophyta

Tumbuhan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan musim kemarau dan penghujan. Tropophyta merupakan flora khas di daerah iklim muson tropis, seperti pohon jati.

3.Tumbuhan Mesophyta

Adalah tumbuhan yang dapat hidup pada daerah yang lembab dan mampu bertahan hidup di daerah yang tidak terlalu kering dan basah. Di bagian permukaan daun yang terdapat stomata yang membuat cepat proses penguapan. Contoh tumbuhan ini adalah lumut serta paku-pakuan.

4.Tumbuhan Hygrophyta

Yaitu tumbuhan yang hidup di air, tumbuhan ini beradaptasi dengan daun yang lebar dan tipis, mempunyai stomata yang banyak. Terdapat jaringan aerenkim yang besar serta lebar. Contoh tanaman ini adalah enceng gondok, teratai, dan kangkung.