Sebutkan sikap-sikap yang dimiliki seorang pahlawan

Sebutkan sikap-sikap yang dimiliki seorang pahlawan!

Jawaban

Adapun sikap-sikap yang dimiliki seorang pahlawan Indonesia, yaitu:

1. Rela berkorban tanpa pamrih.
Untuk menyejahterakan kehidupan bangsa, para pahlawan perlu mengorbankan waktu, tenaga dan kehidupannya. Ketulusan mereka untuk memberikan hal-hal yang berharga bagi kepentingan nasional bisa menjadi panutan bagi kita.

2. Membela Kebenaran dan Keadilan
Ketidakadilan bisa menyebabkan perpecahan. Jika tidak diselesaikan, maka orang bisa kehilangan hak asasi mereka. Inilah mengapa pahlawan tergerak untuk melawan penjajah ketika orang lain diperlakukan tidak adil.

3. Keberanian
Keberanian bukan berarti tanpa rasa takut. Membela kebenaran pasti memiliki risiko yang perlu disadari. Rasa takut tidak membuat mereka mundur atau menyerah begitu saja. Mereka akan tetap berpegang teguh pada prinsip.

4. Persatuan dalam Kebinekaan
Indonesia dibangun di atas ideologi ini, karena para pahlawan sebagai perintis kemerdekaan memahami bahwa perbedaan bukanlah hambatan untuk menjadi negara yang kuat.

5. Berjiwa Besar
Berjiwa besar atau lapang dada merupakan sikap teladan dari pahlawan yang perlu diwariskan pada putra-putri bangsa. Sikap pahlawan yang satu ini menonjolkan kejujuran, keberanian, dan perjuangan.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :