sekolah pendidikan dokter di batavia untuk pribumi pada zaman kolonial hindia belanda yang dibentuk tanggal 2 januari 1849 adalah

sekolah pendidikan dokter di batavia untuk pribumi pada zaman kolonial hindia belanda yang dibentuk tanggal 2 januari 1849 adalah

a. hollandsche indische kweekschool (HIK)
b. hooge kweekschool
c. OSVIA
d. STOVIA

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah yang d.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputra) STOVIA, adalah sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda. Saat ini sekolah ini telah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Latar belakang berdirinya STOVIA adalah adanya kekhawatiran akan kurangnya tenaga kesehatan untuk menghadapi berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda di Indonesia. Akhirnya Belanda membuat kursus juru kesehatan di Hindia Belanda dengan rakyat pribumi sebagai mahasiswanya.

Pada 2 Januari 1849, dikeluarkanlah Surat Keputusan Gubernemen no. 22 mengenai hal tersebut,pendirian STOVIA, dengan menetapkan tempat pendidikannya di Rumah Sakit Militer (sekarang RSPAD Gatot Subroto) di kawasan Weltevreden, Batavia (sekarang Gambir dan sekitarnya).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d. STOVIA

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Apa Saja Contoh Kemajuan IPTEK Saat Ini?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :