contoh perlawanan bersenjata yang menentang seikerei adalah

Perlawanan bersenjata terhadap kekuasaan Jepang ada berbagai sebab diantaranya menentang peraturan-peraturan yang tidak adil yang dibuat Jepang, menentang seikerei, menolak pungutan padi yang terlalu tinggi dan menentang kegiatan romusha. contoh perlawanan bersenjata yang menentang seikerei adalah ….

a. perlawanan PETA di Blitar yang dipimpin Supriyadi
b. perlawanan Indramayu di Jawa Barat dipimpin Haji Madrian
c. perlawanan SIngaparna di Jawa Barat dipimpin KH. Zainal Mustofa
d. perlawanan rakyat Aceh dipimpin Tengku Abdul Jalil

Jawaban

Jawaban yang benar adalah C. Perlawanan Singaparna di Jawa Barat di pimpin oleh KH. Zainal Mustofa.

Pendudukan Jepang di Indonesia mendapat perlawanan dari bangsa Indonesia. Salah satunya adalah perlawanan rakyat Singaparna di Tasikmalaya, Jawa Barat yang dipimpin oleh KH. Zainal Mustofa pada tanggal 25 Februari 1944.

Perlawanan ini disebabkan pihak militer Jepang telah memaksa masyarakat Singaparna untuk melakukan Seikeirei yaitu ritual membungkukan badan ke arah matahari terbit sebagai penghormatan kepada kaisar Jepang yang bertentangan dengan ajaran Islam. Selain itu juga dikarenakan menolak pungutan padi yang terlalu tinggi dan menentang kegiatan romusha.

Perlawanan rakyat Singaparna dapat dilumpuhkan oleh Jepang. KH. Zainal Mustofa ditangkap dan jatuhi hukuman mati yang kemudian dieksekusi pada tanggal 25 Oktober 1944.

Berdasarkan ilustrasi soal, perlawanan bersenjata yang menetang Seikerei adalah perlawaan Singaparna di Jawa Barat di pimpin oleh KH. Zainal Mustofa.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Apa Penyebab Terjadinya Peristiwa Tanjung Morawa?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :