Berikut ini yang bukan pernyataan yang tepat tentang latar belakang lahirnya voc adalah

Pada masa kolonialisme dan imperialisme, masing-masing negara barat membentuk kongsi dagang. kongsi dagang milik belanda adalah voc (vereenigde oostindische compagnie). Berikut ini yang bukan pernyataan yang tepat tentang latar belakang lahirnya voc adalah ….

a. memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa eropa dan bangsa asia lainnya
b. membantu pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spanyol yang ingin menguasai wilayah Belanda
c. menghindari persaingan perdagangan yang tidak sehat antar pedagang Belanda sehingga keuntungan dapat diperoleh secara maksimal
d. untuk mendapatkan hak oktroi, agar pedagang VOC leluasa berkuasa di Hindia Belanda dengan hak isrimewanya

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah opsi D. untuk mendapatkan hak oktroi, agar pedagang VOC leluasa berkuasa di Hindia Belanda dengan hak isrimewanya

Mari kita bahas yuk!

VOC atau kepanjangannya yaitu merupakan kongsi dagang dari perusahaan-perusahan Belanda yang berdagang di Hindia Timur pada 20 Maret 1602. Gubernur Jenderal VOC pertama adalah Pieter Both yang memerintah dalam rentang waktu 1610-614. Latar belakang dibentuknya VOC yaitu :

  • Menghindari persaingan dagang antar pedagang Belanda.
  • Memperkuat posisi pedagang-pedagang Belanda dari persaingan dagang dengan negara lain seperti Inggris, Portugis, dan Spanyol.

Jadi, pernyataan yang tidak tepat tentang latar belakang lahirnya VOC adalah untuk mendapatkan hak oktroi, agar pedagang VOC leluasa berkuasa di Hindia Belanda dengan hak istimewanya.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :