Bentuk kebijakan ekonomi yang diterapkan pada masa gubernur jenderal raffles di indonesia adalah

Bentuk kebijakan ekonomi yang diterapkan pada masa gubernur jenderal raffles di indonesia adalah ….

a. cultuur stelsel
b. politik etis
c. kerja rodi
d. landelijk stelsel

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah d. Landelijk stelsel.

Berikut penjelasannya.

Landelijk Stelsel adalah sebuah sistem yang diterapkan oleh Gubernur Raffles dimana rakyat atau para petani di Nusantara diwajibkan membayar pajak pada pemerintah yang dianggap sebagai uang sewa dengan dasar bahwa semua tanah adalah milik Negara.

Sistem sewa tanah raffles ini dikenal juga dengan nama sistem pajak tanah. Kebijakan Raffles di bidang ekonomi adalah menetapkan sistem sewa tanah (landrent system). Pajak dibayarkan kepada kolektor yang dibantu oleh kepala desa tanpa melalui bupati.

Demikian jawaban yang benar adalah d. Landelijk stelsel.

Pertanyaan Serupa :

Pada tahun 1830 belanda menghadapi kesulitan keuangan akibat perang jawa atau perang diponegoro (1825-1830) dan perang belgia (1830-1831). untuk mengatasi masalah keuangan tersebut johanes van den bosch mengambil kebijakan ….

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah cultuur stelsel.

Berikut penjelasannya.

Setelah perang melawan Pangeran Diponegoro (1825-1830), Belanda mengalami defisit anggaran negara. Untuk mengatasi masalah tersebut, sistem tanam paksa (cultuur stelsel) diberlakukan.

Cultuurstelsel yang oleh sejarawan Indonesia disebut sebagai Sistem Tanam Paksa adalah peraturan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch pada tahun 1830 yang mewajibkan setiap desa menyisihkan sebagian tanahnya untuk ditanami komoditas ekspor, khususnya teh, kopi, dan kakao.

Demikian jawaban yang benar adalah cultuur stelsel.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :