Salah satu tokoh perlawanan terhadap penjajahan belanda di indonesia yang berasal dari daerah makasar dengan julukan ayam jantan dari timur adalah

Salah satu tokoh perlawanan terhadap penjajahan belanda di indonesia yang berasal dari daerah makasar dengan julukan ayam jantan dari timur adalah ….

Jawaban

Salah satu tokoh perlawanan terhadap penjajahan belanda di Indonesia yang berasal dari daerah makasar dengan julukan “ ayam jantan dari timur “ adalah Sultan Hasanuddin.

Mari kita bahas yuk!

Sultan Hasanuddin ialah Raja Gowa ke-16 yang memerintah Kerajaan Gowa mulai tahun 1653 sampai 1669 dan merupakan pahlawan nasional Indonesia. Sultan Hasanuddin dijuluki Ayam Jantan dari Timur karena keberanian dan kegigihan Sultan Hasanuddin melawan penjajah.

Alasan Sultan Hasanuddin melakukan perlawanan karena VOC ingin memonopoli perdagangan di wilayah Makassar dengan cara-cara yang licik dan menyengsarakan masyarakat.

Jadi, salah satu tokoh perlawanan terhadap penjajahan belanda di Indonesia yang berasal dari daerah makasar dengan julukan “ ayam jantan dari timur “ adalah Sultan Hasanuddin.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :