yang bukan merupakan peninggalan sejarah islam di indonesia yaitu

yang bukan merupakan peninggalan sejarah islam di indonesia yaitu ….

a. debus
b. keraton
c. arca
d. makam

Jawaban

Jawaban: C. Arca

Yuk simak pembahasan berikut.

Islam diperkirakan telah masuk ke nusantara sejak abad ke-7, setelah Indonesia berhubungan dagang dengan negeri India, Cina, dan Arab. Selain melalui perdagangan, Islam cepat menyebar di Indonesia dengan cara pernikahan, politik, dakwah, pendidikan, hingga kesenian.

Perkembangan pengaruh Islam di nusantara pun tampak dari peninggalan-peninggalannya yang sangat beragam. Peninggalan sejarah Islam di Indonesia dapat berupa seni bangunan, seni rupa, seni sastra, maupun seni pertunjukan.

Adapun beberapa peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia, yaitu:

1. Masjid.

Bangunan masjid di Indonesia pada masa perkembangan Islam memiliki bentuk yang unik, di mana atapnya selalu bersusun (tumpang). Contohnya, Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Agung Demak, Masjid Sang Cipta Rasa dan lain-lain.

2. Makam.

Peninggalan sejarah bercorak Islam dapat dijumpai dalam bentuk makam para tokoh muslim. Contohnya Makam Sultan Malik Al-Saleh dari Kerajaan Samudera Pasai, Makam Iskandar Muda dari Kerajaan Aceh Darussalam, Makam Sunan Kalijaga dan lain-lain.

3. Keraton.

Keraton merupakan pusat pemerintahan yang sekaligus menjadi tempat tinggal raja beserta keluarganya. Contohnya, Keraton Demak, Keraton Kasepuhan dan Kanoman di Cirebon, Keraton Surosowan di Banten, dan Keraton Surakarta.

4. Suluk.

Suluk adalah karya sastra berupa kitab-kitab dan isinya menjelaskan soal tasawuf. Contohnya, Suluk Sukarsa, Suluk Wujil dan Suluk Malang Sumirang.

5. Hikayat.

Hikayat adalah karya sastra yang berisi cerita sejarah ataupun dongeng. Beberapa hikayat yang terkenal antara lain, Hikayat Iskandar Zulkarnain, Hikayat Raja-Raja Pasai, Hikayat Khaidir, dan Hikayat 1001 Malam.

6. Debus
Debus mulai dikenal pada masyarakat Banten pada abad 16 masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570). Debus merupakan alat penyebaran agama Islam pada zaman dulu. Sebab, sebelum dimulai para pemain melantunan salawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Tranding :  Apa Dampak Positif dan Negatif dari Politik Etis?

Dengan demikian, jawaban soal di atas adalah C.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :