pada masa pemerintahan jayabaya kerajaan ini mencapai puncak kejayaan. kerajaan ini adalah kerajaan

pada masa pemerintahan jayabaya kerajaan ini mencapai puncak kejayaan. kehidupan ekonomi pada masa jayabaya dari pertanian, pelayaran dan perdagangan. armada lautnya cukup tangguh dan benda-benda yang diperdagangkan antara lain emas, perak, gading dan hasil bumi lainnya. kerajaan ini adalah kerajaan …

Jawaban

Jawaban: Kediri

Yuk simak pembahasan berikut.

Kerajaan Panjalu (Kediri) merupakan salah satu kerajaan besar bercorak Hindu Buddha di Pulau Jawa. Adapun puncak kejayaan Kerajaan Kediri (Panjalu) adalah ketika di bawah pemerintahan Sri Jayabaya yang memiliki gelar Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtirisingha Parakrama Uttunggadewa yang memerintah dari 1135-1157 Masehi.

Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Kediri berhasil menguasai penuh bekas wilayah tahta Raja Airlangga, ditandai dengan dikalahkannya Kerajaan Jenggala, sebagaimana tertera pada Prasasti Hantang 1135 masehi. Selain itu, kekuasaan Kediri terbentang luas yang meliputi Pacitan, Medang, Malang, Surabaya, Papua Barat, Sumba, Bali, Kalimantan Barat, Timor, Sulawesi Tengah dan Maluku.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah Kediri.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :