vasco dan gama adalah pelaut yang berasal dari

vasco dan gama adalah pelaut yang berasal dari…

Jawaban

Jawaban: Portugis

Yuk simak pembahasan berikut.

Vasco da Gama lahir di Portugis pada tahun 1469 dan meninggal di India pada tahun 1524. Vasco da Gama adalah seorang penjelajah Portugis. Penjelajahan yang dilakukannya dilakukan untuk mencari rempah-rempah dengan menggunakan jalur yang menghubungkan antara Eropa dengan Asia sebagai periode awal Zaman Penjelajahan Samudera.

Situasi politik dan perdagangan di sekitar abad ke-14 dan 15 Masehi di Eropa, seperti jatuhnya Kota Konstantinopel dan kemajuan pengetahuan di bidang kelautan seperti penemuan tentang peralatan navigasi dan kompas membuat bangsa Eropa, terutama dipelopori oleh Portugis dan Spanyol, untuk melakukan penjelajahan ke pusat rempah-rempah.

Pada saat itu, pusat rempah-rempah terbagi menjadi dua, yaitu India dan Kepulauan Nusantara. Salah satu orang Portugis yang melakukan penjelajahan tersebut adalah Vasco da Gama.

Pada tahun 1497, Vasco da Gama mendapat tugas dari Raja Manuel I untuk memimpin ekspedisi mencari kepulauan rempah. Ia pun berlayar dengan sekitar 170 orang awak kapal dari Lisboa. Adapun rute yang diambil oleh Vasco da Gama adalah dengan menyusuri Pantai Barat Afrika, kemudian memutari Tanjung Harapan di Afrika, lalu menyisir Pantai Timur Afrika, dan berlabuh di Kalkuta, India.

Dengan demikian, Vasco da Gama adalah pelaut yang berasal dari Portugis.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :