selama pedagang india menetap di indonesia memungkinkan terjadinya perkawinan dengan perempuan pribumi. hal ini merupakan teori

selama pedagang india menetap di indonesia memungkinkan terjadinya perkawinan dengan perempuan pribumi. hal ini merupakan teori…

Jawaban

Jawaban: Waisya

Yuk simak pembahasan berikut.

Penyebaran agama Hindu dan Buddha oleh para pedagang merupakan dasar Teori Waisya. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh para pedagang yang berdagang di Indonesia atau kasta waisya.

Teori ini dikemukakan oleh Nicolaas Johannes (N.J.) Krom, seorang ahli sejarah Belanda. Bukti dari teori adalah adanya Kampung Keling (kampung pedagang India, diambil dari nama kerajaan Kalinga di India timur), yang ditemukan di kota-kota pesisir.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah Waisya.

Pertanyaan Serupa :

teori yang dicetuskan oleh g.w.j. drewes dan dikembangkan oleh snouck hungronje dan kawan-kawan. yaitu teori yang menyebutkan bahwa agama islam masuk ke indonesia melalui para pedagang dari india(muslim) yang berdagang di nusantara pada abad ke-13. teori ini dinamakan…..

Jawaban

Jawaban: Teori Gujarat

Yuk simak pembahasan berikut.

Teori Gujarat dicetuskan oleh G.W.J. Drewes yang lalu dikembangkan oleh Snouck Hugronje, J. Pijnapel, W.F. Sutterheim, J.P. Moquette. Teori ini meyakini bahwa Islam dibawa ke Nusantara oleh para pedagang dari Gujarat, India, pada abad ke-13 Masehi.

Salah satu bukti yang mendukung teori ini adalah ditemukannya makam Malik As-Saleh dengan angka 1297. Corak batu nisan Sultan Malik As-Saleh memiliki kemiripan dengan corak batu nisan di Gujarat.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah teori Gujarat.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :