tujuan utama penerapan kebijakan tanam paksa di bawah pemerintahan gubernur jenderal johannes van den bosch adalah

pada tahun 1830 pemerintah belanda mengalami kesulitan ekonomi karena kekosongan kas negara. kesulitan ekonomi tersebut mendorong pemerintah belanda mengeksploitasi hindia belanda agar memberikan keuntungan bagi belanda dengan mengirim johannes van den bosch. tujuan utama penerapan kebijakan tanam paksa di bawah pemerintahan gubernur jenderal johannes van den bosch adalah ….

Jawaban

Jawaban: Menyelematkan keuangan Belanda dari kebangkrutan

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini

Dampak dari pertempuran Belanda melawan Pangeran Diponegoro dan kaum Paderi di Hindia Belanda membuat mereka kewalahan terutama bagi keuangan mereka. Setelah perang usai di tahun 1830, Belanda harus menerima bahwa negara mereka mengalami kesulitan ekonomi bahkan hampir bangkrut karena kekosongan kas negara dan beban hutang yang besar.

Van den Bosch seorang negawaran Belanda mengusulkan sebuah kebijakan sistem tanam paksa untuk menyelematkan keuangan Belanda dari kebangkrutan. Van den Bosch menganggap bahwa rakyat masih berhutang sewa tanah tanah kepada Belanda, maka untuk membayarnya rakyat diwajibkan untuk menanam tanaman ekspor yang laku dipasaran.

Dengan demikian, tujuan utama penerapan kebijakan tanam paksa adalah menyelematkan keuangan Belanda dari kebangkrutan

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :